oleh

Angka Lakalantas di Maros Menurun Selama Pandemi, Awal New Normal Sudah 5 Kasus

MAROS, INIKATA.com – Angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) sejak memasuki pandemi virus Covid-19 dari bulan Maret hingga Mei di wilayah hukum Polres Maros menurun drastis.

“Angka kecelakaan dari bulan Maret, jumlah kasus 23, meninggal 3 orang sementara luka luka 47 orang. Untuk bulan April, jumlah kecelakaan sebanyak 13, meninggal 5 sedangkan luka luka 22 orang. Dan bulan Mei jumlah kasus 6, meninggal 3 dan luka luka 6 orang,” Kanit Lakalantas Polres Maros, Iptu Muh Arsyad Kamis (11/06).

Jumlah kecelakaan lalulintas dari bulan Maret hingga Mei 2020 kata Arsyad, terjadi penurunan drastis dengan presentase 50 persen. Ini disebabkan karena kurangnya aktifitas kendaraan di jalan. Jumlah kecelakaan lalulintas dari bulan Maret hingga Juni 2020 menurun drastis. 

“Selama pandemi Covid-19, presentase penurunan lakalantas mencapai 50 persen. Berdasarkan data pada bulan Maret hingga Mei terjadi angka penurunan kecelakaan dengan drastis,” sebutnya.

Kata Arsyad, selama pandemi petugas Lalulintas di berbagai titik dalam memantau kepadatan kendaraan tidak terjadi penumpukan, seperti di Graha Cemerlang dan Bulu bulu. Tapi setelah memasuki New Normal kendaraan sudah mulai padat, bahkan lakalantas diawal bulan Juni ini sudah terjadi 5 kasus.

“Memasuki New Normal, diperkirakan lakalantas bisa saja bertambah. Diharapkan kepada masyarakat pengguna jalan tetap mengutamakan keselamatan berkendara di jalan raya,” harapnya.

Meskipun alat pelindung diri (APD) petugas lakalantas masih minim, namun dalam menangani korban kecelakaan tetap mengacu kepada protokol kesehatan dengan menggunakan kaos tangan dan masker.(sir)

Komentar