oleh

Soal Pembentukan PPDP Pilkada 2020, Simak Penjelasan KPU Makassar

MAKASSAR, INIKATA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar dalam waktu dekat akan melakukan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Jika sesuai dengan jadwal tahapan, pembentukannya dimulai pada 24 Juni hingga 14 Juli.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari menjelaskan, bila Berdasarkan Surat Keputusan KPU RI, Nomor 169 tahun 2020, PPDP merupakan rukun warga, rukun tetangga, dan/atau warga masyarakat yang diusulkan PPS setempat untuk membantu dalam pemutakhiran data pemilih.

“Jumlah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ditentukan 1 (satu) orang untuk setiap TPS dengan pemilih sampai dengan 400 (empat ratus) orang, atau paling banyak 2 (dua) orang untuk setiap TPS dengan jumlah pemilih lebih dari 400 (empat ratus) orang. Saat ini, jumlah TPS di Kota Makassar adalah 2390 TPS,” jelas Endang.

Apa saja syarat untuk menjadi anggota PPDP?

Syarat untuk menjadi anggota PPDP, Endang pun menjelaskan secara umum tidak pernah dijatuhi sanksi disiplin bagi pegawai.

“Adapun secara umum, persyaratan PPDP adalah Tidak pernah dijatuhi sanksi disiplin bagi pegawai, Independen dan tidak berpihak, Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, serta memiliki kemampuan dalam mengoperasikan perangkat teknologi informasi,” jelasnya.

Namun, untuk petunjuk teknis dan persyaratan rinci terkait perekrutan PPDP, KPU Makassar masih menunggu dari KPU RI.

“Petunjuk teknis dan persyaratan rinci terkait perekrutan PPDP lebih jelasnya kami masih menunggu dari KPU RI,” tutupnya. (Hendrik)

Komentar

Topik Terkait