oleh

Yeyen Tumena Minta Shin Tae-yong Fokus ke Tim Senior

INIKATA.com – Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) akhirnya angkat bicara mengenai friksi antara PSSI dan Shin Tae-yong. Apalagi, friksi itu menyeret anggotanya yang kini menjabat direktur teknik PSSI, Indra Sjafri. Ketua Umum APSSI Yeyen Tumena meminta PSSI segera bertindak tegas atas permasalahan tersebut.

Salah satunya terkait dengan siapa yang bertanggung jawab menangani timnas senior dan U-19. Dia menyatakan sangat mustahil jika dua timnas itu dipegang Shin Tae-yong. Apalagi, jika melihat jadwal turnamen, dua timnas tersebut akan bertanding pada waktu yang hampir bersamaan.

Timnas senior akan melanjutkan pertandingan di kualifikasi Piala Dunia 2022. Yakni, dua kali away melawan Thailand pada 8 Oktober dan Vietnam pada 12 November. Lalu, satu kali home menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober. Belum lagi Piala AFF 2020 yang juga dijadwalkan akhir tahun ini.

Sementara itu, timnas U-19 akan bertarung di Piala AFF U-19. Turnamen tersebut berlangsung di Uzbekistan pada 14–31 Oktober mendatang. Timnas U-19 tergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Yeyen mengatakan, PSSI seharusnya tidak membebankan dua timnas secara langsung kepada Shin Tae-yong. Hal tersebut sangat mustahil. ’’Apakah bisa secara bersamaan Shin Tae-yong pegang timnas pada Oktober dan November, kemudian Piala Asia U-19 yang mainnya di Uzbekistan dan waktunya sama? Bagaimana bagi badannya?’’ papar Yeyen.

Mantan asisten timnas era Simon McMenemy itu menilai, seharusnya ada pelatih lokal yang diberi mandat untuk menangani salah satu timnas. Harus ada transfer pengetahuan dari Shin Tae-yong kepada pelatih lokal tersebut. ’’Jangan sampai kami pelatih lokal tidak dapat apa-apa,’’ imbuhnya.

Yeyen pun menyarankan timnas U-19 diberikan kepada Fakhri Husaini. Bagi dia, Fakhri masih sangat pantas menangani timnas U-19 di Piala Asia. ’’Dia kan yang membentuk tim itu sampai lolos Piala Asia U-19. Walaupun persiapannya kurang dari satu tahun,’’ tuturnya.

Jika itu dilakukan PSSI, Shin Tae-yong bisa dioptimalkan di timnas senior. ’’Shin Tae-yong fokus untuk timnas U-19 di Piala Dunia tahun depan saja,’’ bebernya. (JPC)

Komentar