oleh

Golkar Jagokan Irman YL di Makassar, Adnan Kio di Gowa dan Husler di Lutim

MAKASSAR, INIKATA.com – Teka-teki usungan Partai Golkar di pilkada 12 kabupaten/kota di Sulsel akhirnya menemui titik terang. Hal itu diputuskan dalam rapat pleno Tim Pilkada Pusat Partai Golkar yang digelar di Kantor DPP Golkar di Jakarta, Senin (29/6) malam.

Rapat pleno tersebut dipimpin oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Didampingi Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu, Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu dan Badan Saksi Nasional (BSN), Nurdin Halid.

Hasilnya, kandidat usungan Golkar di Pilkada serentak 2020 di seluruh Indonesia telah diputuskan. Termasuk di 12 daerah yang akan menggelar Pilkada serentak di Sulsel.

“Alhamdulillah, rapat pleno penetapan calon gubernur, calon walikota dan calon bupati telah selesai termasuk usungan di 12 kabupaten yang berpilkada serentak di Sulsel,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Bappilu dan Badan Saksi Nasional (BSN), H.A.M Nurdin Halid dalam video berdurasi 2 menit 23 detik.

Kejutan terjadi untuk Pilwali Makassar. Partai berlambang beringin itu resmi meninggalkan Moh Ramdhan Pomanto yang sebelumnya telah mengantongi surat tugas. Golkar mengalihkan dukungan final mereka ke Irman Yasin Limpo alias None.

Golkar juga memastikan arah dukungannya di Pilkada Gowa. Mereka memilih mengusung duet petahana, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Kr Kio.

Golkar bergabung dengan koalisi besar parpol pengusung Adnan-Kio. Masing-masing PPP, NasDem, PKB, Perindo, PAN dan PDIP. Hal ini juga sekaligus membantah isu jika Golkar ingin membentuk poros koalisi baru di Gowa.

“Seluruh kader Golkar harus bersatu dan harus kompak melaksanakan keputusan DPP Partai Golkar ini,” tegas Nurdin Halid yang juga Pelaksana Tugas (Plt) ketua DPD I Golkar Sulsel itu.

Khusus untuk 12 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak di Sulsel, Plt Ketua Golkar Sulsel ini secara langsung menyebutkan satu persatu nama yang resmi ditetapkan dan diusung.

Sementara Kota Makassar dan Kabupaten Soppeng, DPP Golkar baru menetapkan figur yang menjadi 01. Keduanya adalah Irman Yasin Limpo (Makassar), dan Andi Kaswadi Razak (Soppeng).

Adapun 10 daerah lainnya sudah difinalkan bersama pasangannya. Masing-masing, Luwu Timur, M Thoriq Husler paket dengan Budiman, Indah Putri Indriani-Syuaib Mansur (Lutra), Malkan Amin-Salahuddin Rum (Barru), Muhammad Basli Ali-Saiful Arif (Selayar), dan untuk Gowa sendiri Golkar tetap mempertahankan jagoannya yakni incumbent bupati dan wakilnya, Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni.

Selanjutnya untuk Cabup dan Cawabup Kabupaten Toraja Utara resmi ditetapkan Yohannis Bassang paket dengan Frederik Victor Palimbong, Andi Tajerimin- Hafid Pasha (Maros), Andi Hamzah Pangki-Andi Murniati Mahdi (Bulukumba), Andi Ilham Nazamuddin berpasangan Rismayani (Pangkep), dan untuk Tana Toraja Golkar mengusung incumbent bupati dan wakil bupati, Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara.

Untuk itu, kata NH akronim namanya, mengingatkan kepada seluruh kader, pengurus, fungsionaris dan seluruh element mesin partai Golkar untuk bersatu dan kompak melaksanakan keputusan DPP dalam memenangkan seluruh usungan partai yang bertarung di Pilkada serentak Desember 2020 tanpa terkecuali. (Hendrik)

Komentar

Topik Terkait