oleh

Pemkab Selayar Kini Miliki Alat Deteksi Gempa

SELAYAR, INIKATA.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, melalui Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah miliki Alat Deteksi Gempa (Warning Receiver System) InaTews, yang tiba di Kepulauan Selayar, sejak Jumat pekan lalu (26/6).

Hal ini disampaikan Kepala Badan BPBD, Kepulauan Selayar, Drs. Ahmad Ansar, yang ditemui beberapa wartawan, di ruang media Center, Jl. Muh. Karaeng Bonto, Kelurahan Benteng, Selasa (30/6).

Alat deteksi gempa ini, di Sulsel, baru lima daerah yang memiliki, selain Makassar sebagai Wilayah IV, Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur dan Selayar dan sudah terkoneksi langsung dengan BMKG.

“Khusu Selayar, karena letak geografisnya yang terdiri dari Kepulauan, sehingga jadi salah satu daerah yang diberikan,” kata Kepala BPBD, Ahmad Ansar.

Alat deteksi Gempa tersebut, mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia, akan tetapi hanya di input untuk lokalan Sulawesi saja, khususnya Sulsel.

Caranya, untuk mengetahui Informasi Gempa, nantinya akan diinput dengan beberapa nomor HP tertentu khususnya di Kepulauan Selayar, mulai Bupati sampai ke seluruh Camat di Kepulauan Selayar.

“Alat ini dalam pengeperasiannya nenggunakan Pulsa, sebagai langkah awal, hanya akan di input hingga 20 unit HP saja,” ujar Kepala BPBD, Kepulauan Selayar, Ahmad Ansar. (Rizal)

loading...

Komentar

Topik Terkait