oleh

KPU Maros Monitoring Pelaksanaan Verifikasi Faktual Bakal Calon Perseorangan

MAROS, INIKATA.com – Komisioner KPU Maros melakukan monitoring pelaksanaan verifikasi faktual bakal calon perseorangan pemilihan Bupati – Wakil Bupati Maros mendatang dimulai Kamis-Jumat (2-3/7).

Lima komisioner masing-masing membentuk tim yang terdiri dari komisioner dan beberapa staf sekretariat KPU Maros.

“Kita membentuk 5 tim masing-masing komisioner dan staf sekretariat sebanyak 3 orang melakukan monitoring selama dua hari. Kita turun di hari keempat berlangsungnya verifikasi faktual,” ujar Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Syaharuddin Datu.

Pada monitoring tersebut, selain melakukan pemantauan langsung proses verifikasi, komisioner juga senantiasa mengingatkan para petugas PPS dan PPK agar senantiasa menjaga stamina dan imun tubuh.

“Kalau teknik verifikasinya, teman-teman PPS sudah dibimtek dan dilengkapi dengan alat kerja. Selain itu proses verifikasi juga diawasi langsung oleh PKD (Panwas Kelurahan/Desa) juga ada LO bakal calon yang ikut menyaksikan,” sebut Syaharuddin.

Lebih lanjut kata dia, diingatkan bagaimana attitude (sikap) para verifikator ini dalam melakukan verifikasi. Jangan sampai ada kesalahpahaman di lapangan.

Untuk APD semua PPS yang ditemui sudah menggunakan APD lengkap sesuai protokol kesehatan Covid-19, meski demikian dirinya tetap menghimbau agar mereka tetap menjaga kesehatan dan imun.

Syaharuddin yang akrab dipanggil Datu’ ini menyampaikan jika sejauh ini kondisi di lapangan masih terkendali dan aman. 

“Sampai hari keempat ini, sudah ada sekitar 50% yang sudah diverifikasi oleh teman-teman PPS. Sejauh ini kondisi masih terkendali dan aman, tentu kita juga meminta seluruh masyarakat dan stakeholder terkait bisa ikut membantu teman-teman PPS agar verifikasi bisa berlangsung lancar dan selesai tepat waktu,” tutupnya. 

Diketahui, pendaftar sebagai pasangan bakal calon jalur perseorangan pada Pilkada Maros 2020 yakni Muhammad Nur dan Muhammad Ilyas Cika.

Jumlah dokumen yang diverifikasi secara faktual oleh KPU melalui PPS sebanyak 25.475 dokumen.

Untuk memenuhi persyaratan sesuai regulasi maka pasangan ini membutuhkan dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 24.505 dokumen dukungan. (sir)

Komentar

Topik Terkait