oleh

Hari Jadi Maros ke-61, Momentum 10 Tahun Kepemimpinan Hatta-Harmil

MAROS, INIKATA.com – Puncak Perayaan Hari jadi Ke-61 Kabupaten Maros mengambil tema ‘Semangat Hari Lahir ke 61 Kabupaten Maros, Bersama Kita Wujudkan Maros Sejahtera 2021″.

Perayaan syukuran ini digelar di gedung serbaguna Pemkab Maros Jalan Asoka Kecamatan Turikale, Sabtu, (4/7) kemarin.

Di hari jadi tahun ini sekaligus merupakan momentum genapnya 10 tahun kepemimpinan Bupati Maros  Hatta Rahman bersama Wakilnya Andi Harmil Mattotorang.

Bupati Maros, Hatta Rahman mengatakan, dalam kepemimpinannya banyak peningkatan yang telah dicapai Kabupaten Maros. Diantaranya pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cenderung meningkat serta pembangunan telah berjalan pada jalur yang tepat.

“Pembangunan telah on the track, sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan, sehingga keberhasilan Kabupaten Maros dapat dinikmati bersama. Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan untuk diselesaikan kedepannya,” sebutnya.

Selain itu kata Hatta, pendapatan yang terus meningkat, belanja daerah sebagai modal pembangunan juga terus meningkat. Dengan jumlah belanja daerah pada tahun 2010 hanya sebesar Rp 538 Miliar, dan meningkat sebesar Rp 1,5 Triliun pada tahun 2019.

Demikian halnya dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang pada tahun 2010 hanya Rp41,86 miliar, menjadi 311,28 miliar pada tahun 2019.

Kali ini pelaksanaan HUT ke-61 Kabupaten Maros dilakukan dengan cara berbeda. Pasalnya tak ada acara perayaan besar-besaran. Hanya syukuran sederhana dengan membatasi undangan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Tamu yang diundang hanya sekitar 300 orang, sementara kapasitas Gedung Serbaguna Maros, bisa menampung maksimal 1500 orang. Bahkan dalam satu meja hanya dibatasi untuk beberapa orang saja.

Setiap tamu yang ingin memasuki ruangan terlebih dahulu diperiksa suhu tubuhnya, termasuk Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama istri dan rombogan, lalu diarahkan untuk menggunakan hand sanitizer. Para tamu undangan pun juga dibagikan masker dan face shield.

Hatta berharap di hari lahir Kabupaten Maros dapat menjadikan hal ini sebagai sarana introspeksi terhadap capaian pembangunan tahun sebelumnya. Karena pihaknya akan terus berupaya mendesain atau merancang sebuah harapan masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian.

Acara hari jadi ini juga dirangkaikan dengan peresmian oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, 6 proyek baru yang ada di Maros, diantaranya peresmian Pasar Rakyat Benteng Gajah, peresmian Pasar Rakyat Bonto Matinggi, peresmian SD Negeri Pakalu 1, peresmian Kantor Dinas Pertanian, peresmian Rumah Susun Aparatur  Sipil Negara (ASN) Kabupaten Maros.

Turut hadir dalam acara syukuran HUT ke-61 Kabupaten Maros Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Wakil Gubernur Sudirmab Sulaiman, Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Forkopimda Maros, Camat dan seluruh OKP di Maros. (sir)

Komentar

Topik Terkait