oleh

42 Mahasiswa Unhas Siap KKN di Luwu Utara, IDP Bilang Begini

LUWU UTARA, INIKATA.com – 42 mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar siap untuk melaksanakan KKN Tematik di Luwu Utara.

Tak seperti biasa, kali ini penerimaan mahasiswa KKN dilakukan secara virtual, yang diterima langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani yang terhubung via konferensi video zoom.

“Atas nama Pemda dan seluruh masyarakat, saya mengucapkan selamat datang kepada adik-adik. Kami berterima kasih karena Luwu Utara kembali mendapat kepercayaan untuk pelaksanaan KKN tematik. Kita ketahui bersama bahwa pandemi merubah seluruh sendi kehidupan termasuk aktivitas KKN. Tanpa sadar kita sebenarnya sudah memasuki society 5.0 dimana semua aktivitas mau tidak mau harus mengandalkan teknologi. Terlepas dari itu semua saya meyakini bahwa kondisi ini yang mungkin awalnya dipaksakan oleh pandemi tapi dengan sendirinya ktita akan siap menyongsong masa depan. Kami yakin dan percaya adik-adik akan menghasilkan sesuatu yang berbeda tapi tidak mengurangi implementasi ilmu yang didapat di kampus,” kata Bupati Indah mengawali sambutannya.

Mantan Dosen Universitas Indonesia ini juga meyakini, kehadiran 42 mahasiswa KKN Unhas dapat membantu pemerintah untuk bersatu melawan covid-19.

“Saya menggarisbawahi beberapa catatan
program pokok dan program tambahan untuk mengedukasi masyarakat. Adik-adik yang berasal dari berbagai jurusan ini tentu kalau betul-betul mengimpelmentasikan ilmunya dengan tema bersatu lawan covid, kami yakin tantangan yang dihadapi oleh pemerintah baik secara politik, sosial, ekonomi, budaya, akibat pandemi, akan dapat kita lalui dengan jauh lebih mudah karena secara keilmuan telah dipelajari dan akan disampaikan kepada masyarakat. Ini juga sebenarnya menjadi ujian dari bakat-bakat kepemimpinan adik-adik kita sebab mereka sesungguhnya telah siap untuk mengambil bagian bersama seluruh komponen masyarakat untuk bersatu melawan covid-19. Sebab bencana merupakan tanggung jawab bersama, maka kehadiran adik-adik KKN ini kami yakini akan sangat membantu pemerintah dan masyarakat meyakinkan seluruh elemen lainnya bahwa dengan kita bersatu, pandemi akan kita lalui,” tutur bupati yang karib disapa IDP.

Sementara itu, Kepala P2KKN Unhas, Moh. Kurnia menyebutkan, 42 mahasiswa KKN akan dibagi di dua wilayah lokasi, yakni Lutra 1 dan Lutra 2 yang tersebar di 11 kecamatan.

“Namun tentu iakan menyesuaikan kondisi pandemi saat ini, jika biasanya posko bersama, maka tahun ini mahasiswa berposko di rumah masing-masing sesuai penempatan (posko mandiri). Adapun program kerja utama kita sesuai tema yaitu bersatu melawan covid-19, bagaimana melakukan percepatan penanganan dengan terus mengedukasi masyarakat, baik secara offline maupun online. Kami tentu berharap adik-adik dapat memberi edukasi sehingga pemahaman masyarakat bisa semakin baik khususnya penerapan protokol kesehatan bisa menjadi lebih efektif. Kami juga berterima kasih kepada Pemda, khususnya Ibu Bupati, Ibu Indah, sebab hingga tahun 2020 ini, Luwu Utara tetap menjadi destinasi wilayah KKN Unhas,” terang Moh. Kurnia. (Rn/luwuutarakab.gi.id)

Komentar

Topik Terkait