oleh

Verifikasi Faktual Rampung, KPU Maros Laksanakan Coklit

MAROS, INIKATA.com – Pelaksanaan pemilihan  Bupati dan Wakil Bupati Maros tahun 2020 tersisa 6 bulan dari jadwal tahapan yang telah ditetapkan. 

Untuk saat ini KPU Maros bersama jajarannya masih terus melaksanakan tahapan demi tahapan, diantaranya verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan dimana tahapannya sudah berakhir kemarin (12/7) dan sekarang masuk ke tahapan rekapitulasi dukungan di tingkat kecamatan.

Komisioner KPU Divisi Teknis Pelaksanaan Pemilu, Mujaddid kepada wartawan mengatakan, jika rekapitulasi di tingkat kecamatan sesuai tahapan akan dilaksanakan 13-19 Juli 2020.

“Kalau untuk rekapitulasi hasil verifikasi faktual dukungan Bapaslon perseorangan di tingkat kecamatan sesuai tahapan dimulai hari ini (13/7) sampai hari Ahad (19/7). Sejauh ini teman-teman PPK masih menyusun jadwal rekap tersebut, dan verifikasi faktual sudah rampung 100 persen, dan kita yakin semua akan selesai sesuai tahapan,” ujar Mujaddid.

Selain verifikasi faktual jalur perseorangan, KPU Maros juga sementara menyiapkan pencocokan dan penelitian (Coklit) sesuai dengan jadwal tahapan coklit akan dilaksanakan pada 15 Juli – 13 Agustus 2020 oleh petugas Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih (PPDP).

“Untuk data pemilih, di Maros ini kita sudah merekrut 800 orang petugas PPDP, merekalah yang akan bekerja mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Mereka akan melakukan pendataan dari rumah ke rumah untuk mengetahui apakah masih ada warga yang berhak memilih namun belum terdaftar sebagai pemilih, itu kita susun kembali lalu nanti hasilnya akan menjadi data daftar pemilih sementara (DPS) lalu kemudian kita umumkan dan meminta tanggapan masyarakat. Setelah itu DPS ini akan kita tetapkan sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap) untuk Pemilihan kepala daerah, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maros 2020,” lanjut Mujaddid.

Kalau untuk pendaftaran bakal calon, Mujaddid mengatakan, jika calon usungan partai politik akan dimulai di akhir September mendatang. 

“Kalau untuk pendaftaran pasangan calon, sesuai tahapan akan kita umumkan di akhir Agustus, kemudian pendaftarannya di awal September, dan penetapan pasangan calon akan dilaksanakan pada 23 September mendatang,” tutup Mujaddid.

Semua pelaksanaan tahapan dilakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. (sir)

loading...

Komentar

Topik Terkait