oleh

Ingin Pembelajaran Tetap Efektif, Guru SDN 84 Ganrang-Ganrang Kunjungi Rumah Siswa

JENEPONTO, INIKATA.com – Memasuki new normal masa pandemi Covid-19 atau virus Corona, proses belajar mengajar di sekolah belum aktif sebagaimana mestinya di seluruh Indonesia. 

Untuk itu, Wali Kelas VI SDN No. 84 Ganrang-ganrang, Kelurahan Bontoa, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Fatikhah Abdullah berinisiatif mendatangi rumah siswanya.

Wali Kelas VI SDN 84 Ganrang-ganrang adalah menantu dari mantan Kadis Sosial Jeneponto Muh Rusli Ramli, Fatikhah Abdullah membentuk kelompok belajar, yang mana dalam satu kelompok terdiri 3 sampai 4 orang siswa. 

Fatikhah menjelaskan, tujuan dibentuknya kelompok belajar ini adalah untuk mengaktifkan proses belajar mengajar antara guru dan siswa di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Sebenarnya via daring tapi kembali lagi kepada kemampuan anak-anak dan gurunya. Kalau menurut saya, lebih afektif dibentuk kelompok-kelompok di rumah. Saya mendatangi rumah siswa tujuannya untuk memberikan Materi yang akan diajarkan guru, kalau saya ngajar di kelas 6,” ungkap Fatikhah Abdullah, Senin (20/).

Pasalnya, kata dia, apabila guru tidak melakukan hal seperti ini maka siswa akan ketinggalan mata pelajaran. “Maka dari itu kembali kepada gurunya masing-masing. Belum semua guru-guru melakukan hal semacam ini termasuk di SD Ganrang-ganrang sendiri. Mungkin kelas bawah terkendala banyaknya siswa,” ucapnya. 

“Pokoknya ini inisiatif guru masing-masing, sesuai kemampuan guru dan siswa. Pelajaran efektinya bagaimana di masa pandemi Virus Corona. Kalau saya pribadi yang paling efektif tetap melakukan kombinasi. Mungkin kalau pengumuman bisa lewat group online, tapi pembelajaran saya bentuk kelompok kecil yang siswanya terdiri antara 3-4 siswa. Saya datangi rumah siswa dan berikan pembelajaran sesuai materi,” bebernya. (Kahar)

Komentar

Topik Terkait