oleh

Jadwal Penyerahan 30 Persen Dukungan Calon Ketua Golkar Sulsel Diperpanjang

MAKASSAR, INIKATA.com – Panitia dewan pengarah musyawarah daerah (Musda) ke-X DPD I Golkar Sulsel memperpanjang jadwal penyetoran syarat 30 persen dukungan untuk para bakal calon ketua hingga 25 Juli 2020.

Sebelumnya, Panitia menetapkan jadwal penyetoran syarat 30 persen dukungan pada 22 hingga 23 Juli 2020.

“Kami menetapkan jadwal tahapan penyerahan syarat dukungan yang awalnya 22-23 Juli kita tambah dua hari menjadi 22-25 Juli 2020,” ujar Ketua panitia dewan pengarah Musda Golkar Sulsel, Arfandi Idris dalam keterangan persnya, Rabu (22/7).

Arfandi Idris menuturkan, alasan perpanjangan jadwal tersebut untuk memberi waktu yang cukup untuk bakal calon untuk dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan pemegang hak suara agar bisa memberikan dukingan pada bakal calon.

“Kita juga berhadap dengan penambahan waktu tersebut proses yang telah ditetapkan memberi ruang bakal calon untuk berkomunikasi,” kata Arfandi.

“Dengan batas waktu yang kita tetapkan tiap hari kami dari panitia pengarah menanti bakal calon untuk bisa menyetor syarat dukungan 30 persen yang dimaksud mulai 10:00 pagi sampai 16:00 setiap hari sampai pada tanggal 25 juli,” lanjutnya.

Selain itu, Arfandi menjelasaka bahwa syarat dukungan 30 persen yang dimaksud dianggap sah apabila surat dukungan tersebut itu dibuat di kop surat resmi pemegang suara dan ditandatangani basah oleh ketua dan sekertaris dan di stempel basah.

“Pernyataan dukungan dari pemegang suara hanya dapat mencantumkan satu nama bakal calon dalam satu surat dukungan,” jelasnya.

Pemegang hak suara pun kata dia, hanya dapat memberikan dukungan pada satu bakal calon ketua.

“Apa bila memberi dukungan lebih dari satu bakal calon maka dukungan tersebut dianggap batal. Pemegang hak suara tidak diperbolehkan mencabut surat dukungan yang telah dimasukkan dalam panitia pengarah,” jelasnya.

Arfandi juga mengatakan kalau penyetoran syarat dukungan bisa diwakili dengan menyertakan surat kuasa.

“Penyetorannya dapat diwakilkan pada tim namun tentu diberikan surat kuasa agar surat kuasa ini lah yang akan diantarcoleh yang bersangkutan,” tutupnya. (Hendrik)

Komentar