oleh

Bahas Jadwal dan Lokasi Latihan, Aji Santoso Temui Manajemen Persebaya

INIKATA.com – Skuad Persebaya Surabaya masih menunggu lampu hijau dari manajemen untuk memulai program latihan. Komunikasi dengan manajemen sudah dilakukan kemarin malam. Hanya, pelatih Persebaya Aji Santoso belum bisa membagikan bagaimana hasil komunikasi tersebut.

’’Intinya, kami harap setidaknya pekan kedua Agustus sudah ada latihan,’’ terang pelatih asli Kabupaten Malang itu kepada Jawa Pos. Meski sudah ada rencana latihan, Aji belum memberikan instruksi kepada pemain.

Aji memang tidak mau gegabah memberikan info kepada anak asuhnya. Apalagi, sampai saat ini, belum ada jaminan venue latihan bagi skuad Green Force –julukan Persebaya. ’’Masalah tempat latihan itu juga yang kami bahas dengan manajemen,’’ tambah Aji. Persebaya memang sulit mencari tempat latihan. Belum ada solusi untuk masalah tersebut.

Sejatinya, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) saat ini bisa digunakan. Apalagi, pada awal Juli lalu, GBT juga digunakan untuk pertandingan Persebaya Legend. Sebab, saat itu, proses renovasi baru menyentuh tribun. Sayang, jika latihan Green Force dimulai Agustus nanti, mereka dipastikan tidak bisa menggunakan GBT. ’’Karena tanggal 1 Agustus nanti kami akan bongkar rumput stadion diganti dengan yang baru,’’ kata Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya Edi Santoso kepada Jawa Pos.

Praktis, stadion berkapasitas 50 ribu penonton itu tidak bisa digunakan. Bagaimana dengan Gelora 10 November? ’’Masih belum bisa digunakan. Karena baru saja dilakukan penanaman rumput baru. Mungkin September baru bisa dipakai,’’ kata Iman Krestian, Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya saat dihubungi Jawa Pos.

Kalaupun September siap pakai, tidak ada jaminan Green Force bisa berlatih di G10N. Sebab, rumput masih sangat baru dan belum pernah digunakan. ’’Kalau untuk sekadar pertandingan uji coba rumput sih nggak masalah. Tapi, kalau untuk yang lain, ya harus ada izin dari PSSI dulu,’’ tambah Edi Santoso. Praktis, hanya Lapangan Polda Jatim yang bisa diharapkan untuk tempat latihan.

Sejatinya, Surabaya masih punya lapangan Lakarsantri. Lapangan itu bahkan masuk sebagai salah satu venue latihan tim tamu pada Piala Dunia U-20 tahun depan. Praktis, kualitas rumput cukup bagus. Sangat pas bagi skuad Green Force untuk berlatih.

Saat ditanya apakah lapangan Lakarsantri boleh digunakan latihan Persebaya, Edi tidak bisa memberikan keputusan. ’’Karena lapangan Lakarsantri itu hubungannya langsung ke Citraland,’’ katanya.

Jika memang ingin berlatih di Surabaya, opsi lain adalah lapangan yang ada di kampus. Di antaranya adalah di Universitas Negeri Surabaya dan Institut Tekonologi Sepuluh Nopember (ITS). Untuk lapangan Unesa, Persipura Jayapura sering berlatih di sana jika tiba di Surabaya. Hanya, Persebaya belum pernah berlatih baik di lapangan Unesa maupun ITS. Opsi terakhir adalah Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Tapi, semua izin bergantung Pemkab Sidoarjo. (JPC)

Komentar