oleh

Mobil Mainan Bugatti Model Kuno, Harganya Selangit?

INIKATA.com – Bugatti, merek mobil sport supermewah yang dinaungi Volkswagen (VW) Group terkenal dengan harganya yang fantastis. Tak hanya mobil aslinya, harga selangit bahkan tercermin hingga mobil mainan yang dibuat mereka.

Terbaru, Bugatti dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-110 meluncurkan model Baby II atau Bugatti tipe 35 versi mini. Mobil ini boleh dibilang mobil mainan.

Perusahaan hanya memproduksi sebanyak 500 unit dan dilaporkan sudah terjual habis, bahkan sudah dipesan sebelum masuk jalur produksi.

Mobil mainan ini memiliki skala 75 persen dari mobil asli Tipe 35 yang terkenal di arena balap puluhan tahun silam.

Mobil ini pada 1926 lalu pernah memenangkan Kejuaraan Dunia Grand Prix dan ribuan kejuaraan lainnya. Kini model mainannya dijual paling murah seharga USD 34.795 atau setara Rp 509,2 jutaan.

Baby II ini ditujukan untuk jutawan pencinta gadget atau anak-anak dari individu terkaya di dunia.

Baby II adalah replika mobil mainan Baby asli, yang dibuat oleh pendiri perusahaan Jerman pada 1926 untuk putranya yang berusia empat tahun, Roland.

Baby asli adalah replika skala 35 dari Tipe 35 dan total dijual 500 unit antara 1927 dan 1936 lalu.

Dan untuk Baby II ada tiga tingkat spesifikasi untuk mobil mainan dengan harga fantastis untuk model dasar atau yang termurah, yang dilengkapi dengan paket baterai 1,4 Kwh.

Mobil ini ada dua pengaturan yakni pemula dan Pakar yang dapat dipilih oleh orang tua tergantung pada kemampuan mengemudi anak di belakang kemudi.

Dalam mode pakar, kekuatan penuh baterai dapat dilepaskan dan menghasilkan tenaga 5,4 tenaga kuda mendorong mobil ke kecepatan maksimum 30 mph atau setara 48 km per jam.

Sementara dalam mode pemula, tenaga ditekan maksimum hanya 1,3 tenaga kuda, menghasilkan kecepatan tertinggi 12 mph atau 19,3 km per jam.

Model ini memiliki jangkauan maksimum sekitar 15 mil atau 24 km dan hanya hadir dengan warna biru klasik.

Selain itu ada versi lain yang ditingkatkan yakni Vitesse. Hadir dalam berbagai warna untuk cat eksterior dan pelapis interior.

Vitesse memiliki motor listrik 13,4 tenaga kuda dan baterai 2.8 kWh yang memungkinkan kecepatan tertinggi hingga 42 mph atau 67,5 km per jam dan jangkauan hingga 31 mil atau 49,8 km.

Terakhir ada model paling tinggi dengan nama Pur Sang. Powertrain model Pur Sang sama dengan versi Vitesse.

Menariknya, bodi pada model Pur Sang ini dikatakan dibuat secara manual dan membutuhkan waktu lebih dari 200 jam untuk pembuatannya.

Setiap model Baby II hadir dengan penggerak roda belakang sama seperti aslinya. Sistem pengereman juga menggunakan rem hidrolik dan sistem regeneratif.

Bukan Bugatti namanya kalau tak memperhatikan detail. Meski hanya model ‘mainan’, Bugatti begitu cermat dalam memberikan sentuhan di setiap bagian mobil replika asli ini.

Misalnya, lampu depan LED dan emblem menggunakan milik Bugatti Macaron yang terbuat dari perak padat 50 gram.

Pelanggan dapat memesan Bugatti Baby II sesuai dengan selera untuk warna interior dan eksterior, termasuk pilihan seperti milik Bugatti Chiron.

Untuk harganya, model Vitesse ditawarkan dengan harga mulai USD 50.448 atau berkisar Rp 739,1 jutaan dan Pur Sang USD 67.845 atau setara dengan Rp 992,9 jutaan.

Harga yang tentunya fantastis untuk sebuah mobil listrik mainan yang bahkan bisa membeli sebuah mobil listrik asli semisal Nissan Leaf model paling tinggi. (Jawapos)

Komentar