oleh

NasDem Ingatkan KPU dan ASN Jaga Netralitas di Pilwali

INIKATA.COM, MAKASSAR – Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulsel, Rudianto Lallo berharap penyelenggara menjalankan tugasnya dengan netral atau tanpa ada sedikitpun kecurangan, agar Pemilu tetap berjalan aman dan kondusif.

Sebab, kata dia, proses pemilihan kepala daerah ini menjadi salah satu bagian penting yang menandai bersihnya demokrasi di Makassar meski digelar di tengah pandemi Covid-19.

“Kami harap KPU tetap netral hingga proses perhitungan suara, jangan ada sedikitpun kecurangan, supaya Pemilu berjalan aman. Tidak hanya KPU, tetapi Bawaslu juga diharapkan lebih ekstra dalam melakukan pengawasan,”ujar Rudianto yang juga selaku Ketua DPRD Kota Makassar.

Ia berharap, kerja-kerja pengawasan dari Bawaslu dapat mengawal lebih ketat proses pilkada agar potensi kecurangan bisa dihindarkan, sehingga peserta pemilu maupun pihak mana pun tidak punya celah untuk curang.

Khususnya, kata Rudianto, pengawasan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas saat pilkada. Hal ini pun sudah menjadi tugas bersama untuk menyukseskan pilkada 2020.

“Kita juga sudah sampaikan ke Pj Walikota dan beliau berkomitmen bahwa akan menjaga netralitas ASNnya. Siapa yang bermain tentu ada sanksi yang menanti,” tegasnya.

Menurutnya, pilkada ini juga sangat membutuhkan sinergitas yang baik antar pemerintahan dan juga pihak penyelenggara untuk bersama menjaga ketentraman dan kelancaran pilkada 2020.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Makassar Faridl Wajdi mengatakan, KPU Makassar terus berkomitmen menjaga netralitas selaku penyelenggara dan tidak akan melakukan sesuatu yang dapat mencederai demokrasi.

“KPU Kota Makassar akan mengikuti aturan yang ada, namun komitmen jaga netralitas akan terus dipegang,” tegas Faridl. (and)

loading...

Komentar