oleh

PLUT Sulsel Dorong UMKM Paguyuban SRC Melek Digital

MAKASSAR, INIKATA.com – Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai salah satu pilar dan tonggak ekonomi Indonesia perlu terus didorong agar melek digital.

Karena itu, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Sulsel  mendampingi pelaku usaha ritel yang tergabung dalam  paguyuban SRC lebih berkembang melalui go digital. 

Melalui gelaran kelas virtual seri ke-5, konsultan PLUT Sulsel memberikan pendampingan pada pelaku UMKM Paguyuban SRC (Sampoerna Ritel Community), Selasa, 4 Agustus 2020.

Materi yang diberikan yaitu optimasi google bisnisku dan pengenalan google site untuk bisnis ritel.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta ini bertujuan untuk mengenalkan dunia digital dalam meningkatkan usaha sehingga bisa lebih berkembang.

Fasilitator pelatihan adalah Ahyar Muawwal, konsultan PLUT KUMKM Sulsel bidang IT, didampingi konsultan PLUT lainnya. 

“Google Bisnisku membantu pengusaha kecil menengah merambah layanan digital yang bersifat gratis. Pelaku UKM bisa mendaftarkan usaha mereka agar informasi bisnis mereka tampil di mesin pencarian Google,juga UMKM bisa mengakses sejumlah informasi dan data analitik,“ kata Ahyar Muawwal.

Ditambahkannya, UMKM bisa mengakses beberapa data di antaranya informasi terkait berapa kali bisnisnya dicari dan muncul di Google, berapa orang yang menelepon, hingga informasi berapa banyak pengguna yang mengklik informasi seputar usaha mereka dan meminta petunjuk jalan.

Koordinator konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum mengatakan, UMKM melek digital adalah keniscayaan agar berdaya saing.

Apalagi perubahan perilaku konsumen dengan mengurangi aktivitas di luar rumah terbukti memberi peluang kepada UMKM yang sudah terhubung dengan ekosistem digital untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19. (Rls/Inikata)

loading...

Komentar