oleh

Jelang Tahapan Pencalonan, KPU Makassar Koordinasi Dengan BNN Sulsel

MAKASSAR, INIKATA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar terus menggenjot persiapan pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota Makassar yang akan dihelat 9 Desember mendatang.

Salah satunya adalah tahapan pencalonan, pada tahapan tersebut, bakal calon harus menjalani ters kesehatan. KPU Makassar pun melakukan koordinasi dengan pihak terkait atas hal tersebut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan memperketat tes pemeriksaan bebas narkoba terhadap calon Walikota dan Wakil Walikota.

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar usai rapat koordinasi bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar.

“Kami silaturahmi dan koordinasi dengan BNN Provinsi Sulsel. Koordinasi ini terkait dengan tahapan pencalonan yang kian dekat, khususnya pada tahapan pemeriksaan kesehatan bakal paslon nanti,” ujar Gunawan.

Gunawan menjelaskan, bebas dari penyalahgunaan narkoba tertuang dalam Pasal 4 PKPU tahun 2020 tentang Pilkada.

Regulasi tersebut mengharuskan calon kepala daerah sehat secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh dari tim.

“Untuk BNN, memang pelibatannya terkait dengan pasal 4 ayat 1 huruf e PKPU 1 tshun 2020 tentang pencalonan, yang mengharuskan pasangan calon sehat dan jasmani dsn rohani dan juga bebas dari penyalahgunaan narkotika,” jelasnya.

Gunawan menambahkan selain BNN, tim pemeriksaan kesehatan juga melibatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan psikolog.

“Ini rangkaian dari beberapa koordinasi yang akan kami lakukan, termasuk dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan juga Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI),” tutupnya. (Hendrik)

loading...

Komentar

Topik Terkait