oleh

Kemenangan Pertama Seorang Pembalap KTM di MotoGP

INIKATA.com – Kejutan besar terjadi pada MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno. Pembalap KTM Brad Binder menjadi juara meski hanya start dari posisi ketujuh.

Saat balapan menyisakan 10 lap, pembalap Afrika Selatan itu hanya berselisih setengah detik dari Franco Morbidelli. Setelah itu, Binder menyalip pembalap Petronas Yamaha SRT itu untuk memimpin balapan seri ketiga itu.

Hasil ini membuat Binder mencatat sejarah sangat impresif. Sebab, sebagai rookie, ini adalah balapan ketiganya pada ajang MotoGP. Morbidelli finis kedua dalam balapan itu. Sedangkan Johann Zarco menempati posisi ketiga.

Kemenangan Binder ini disebut-sebut sebagai kelahiran bintang baru. Sebelumnya, dia sudah dikenal sebagai bintang nasional Afrika Selatan. Binder pernah menjadi juara Moto3. Binder impresif di Moto2.

Dan sekarang, Binder mencatat sejarah sebagai pembalap pertama yang memberikan kemenangan untuk KTM pada ajang MotoGP.

“Hari ini adalah hari yang saya impikan sejak saya masih kecil. Dan ya Tuhan, hari ini datang juga. Ini kemenangan yang luar biasa dalam tahun pertama saya di MotoGP,” ucapnya sebagaimana dilansir situs resmi MotoGP.

“Saya sungguh berharap orang tua saya ada di sini. Sebab, merekalah yang mendukung saya sejak awal,” imbuhnya.

Binder adalah rookie pertama yang menjadi juara seri MotoGP setelah Marc Marquez. Binder adalah manusia Afrika Selatan pertama yang menjadi juara seri MotoGP.

Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo yang dalam dua seri pembuka menjadi juara, terjun bebas ke peringkat tujuh. Sementara itu, bintang gaek Yamaha Valentino Rossi finis di posisi kelima.

Walaupun begitu, Quartararo masih menempati posisi pertama dalam klasemen sementara MotoGP. Dia mengoleksi 59 poin.

Quartararo berada di atas Maverick Vinales. Rider Yamaha itu mendulang 42 poin. Pada balapan hari ini, Vinales berada di posisi ke-14.

Dan dengan kemenangannya hari ini, Binder menyodok ke peringkat kelima dengan 28 angka.

Padahal pada dua seri pembuka, Binder tampil buruk. Dia finis di posisi ke-13 pada GP Spanyol dan gagal menyelesaikan lomba di GP Andalusia. (Jawapos)

Komentar