oleh

Dihadapan LO Parpol dan Paslon, KPU Makassar Sosialisasikan Tatacara Pencalonan

MAKASSAR, INIKATA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menggelar sosialisasi tatacara pencalonan melalui partai politik atau gabungan partai politik pada pemilihan walikota dan wakil walikota Makassar tahun 2020.

Sosialisasi ini digelar di Hotel Santika Jalan Sultah Hasanuddin Makassar, Jumat (14/8) dan dihadiri oleh Ketua Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Makassar serta LO partai politik dan LO pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar.

Ketua KPU Makassar, Farid Wajdi saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut menuturkan, untuk memberikan penjelasan pada LO Parpol dan LO pasangan calon terkait pencalonan.

Ini secara efektif berbicara soal pencalonan dan diatur dalam PKPU 40 dan 40 (a) nomor 6 tahun 2020. Sebelum masuk pada tahapan pengumuman kami ingin memastikan semua tahapan pemilu bisa diakses dengan baik,” ucap Farid.

“Kita (KPU Makassar) harus memastikan semua informasi yang dibutuhkan stekholder itu bisa diakses di KPU,” sambungnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Makassar defisi tehnis, Gunawan Mashar menuturkan, sosialisasi ini semacam panduan awal menjelang pendaftaran pasangan calon.

“Sosialisasi ini adalah pondasi awal, kemudian selanjutnya adalah konsultasi agar sebelum memasuki pendaftaran pasangan calon sudah tuntas semua. Jadi kami harap para LO jangan sungkan-sungkan menghubungi kami,” katanya.

Selain itu, Gunawan juga menjelaskat jadwal tagapan pencalonan walikota dan wakil walikota Makassar yang akan dihelat pada 9 Desember mendatang.

“Dalam PKPU Nomor 5 tahun 2020, pengumuman pendaftaran paslon 25 Agustus samlai 3 September. Pendaftaran paslon tanggal 4 sampai 6 September. Pengumuman dokumen pasangan calon dan dokumen calon di laman KPU untuk memperoleh tanggapan dan masukan masyarakat tanggal 4 sampai 8 September,” tutup Gunawan. (Hendrik)

Komentar

Topik Terkait