oleh

Pencocokan Data Pemilih Usai, KPU Makassar: Terimakasih Anggota PPDP

MAKASSAR, INIKATA.com – Progres pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar sudah mencapai 100 persen.

Hal tersebut diungkapkan komisioner KPU Makassar, Endang Sari melalui pesan singkatnya, beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah sudah 100 persen 1.048.151 A-KWK terciklit dari 1.048.151 jumlah A-KWK,” ungkap Endang Sari.

Endang menuturkan, rampungnya pencocokan data pemilih pilwali Makassar berkat babtuan dan dedikasih sadi 2.390 Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

“KPU Makassar mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi yang luar biasa dari 2.390 Petugas Pemuktahiran Data Pemilih Makassar,” ucap Endang kepada INIKATA.com, Sabtu (15/8).

“Mereka telah menghabiskan waktunya untuk mengabdi di tengah pandemi menjadi pejuang yang mencocokkan dan meneliti data pemilih agar menjadi lebih akurat di tengah situasi yang sangat berat karena ancaman Pandemi  Covid 19 masih mengintai,” katanya.

Lebih lanjut kata Engang, setelah tahapan coklit mencapai 100 peresen, selanjutnya akan dlilakukan dilakukan penyusunan data pemilih hasil pemutakhiran oleh PPS.

“Setelah penyusunan, dilanjutkan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran tingkat desa/kelurahan dan penyampaiannya beserta daftar pemilih hasil pemutakhiran ke PPK,” kata Endang.

Setelah itu dilanjutkan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran tingkat kecamatan dan penyampaian kepada KPU Kabupaten/Kota.

“Kemudian rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran tingkat kabupaten/kota untuk ditetapkan sebagai DPS. Dilanjutkan ke rekapitulasi DPS tingkat provinsi. Setelah itu penyampaian DPS oleh KPU kabupaten/kota kepada PPS dan PPK,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, setelah itu baru memasuki tengumuman dan tanggapan masyarakat terhadap DPS, kemudian perbaikan DPS oleh PPS, kemudian rekapitulasi dan penyampaian DPS hasil perbaikan tingkat desa/kelurahan kepada PPK.

“Kemudian lanjut pada rekapitulasi dan penyampaian DPS hasil perbaikan tingkat kecamatan krpada KPU kabupaten/kota, dan terakhir daftar pemilih tetap (DPT),” tutup Endang. (Hendrik)

loading...

Komentar

Topik Terkait