oleh

Bupati Luwu Timur Dianugerahi Lencana Bina Bakti Gerakan Pramuka

MALILI, INIKATA.com – Bupati Luwu Timur, Ir. H.M Thoriq Husler yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Luwu Timur menerima Penghargaan Lencana Bina Bakti bersama Anggota Pramuka Kwarcab Luwu Timur.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso melalui Kwartir Daerah Sulawesi Selatan. 

Lencana Bina Bakti diberikan kepada Anggota Gerakan Pramuka yang telah memberikan Dharma baktinya pada masa pandemi Covid-19. Pemberian penghargaan tersebut berlangsung di Aula Rujab Bupati, Senin, (21/9) dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tema utama gerakan pramuka pada tahun 2020 yakni, “Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 Dan Bela Negara”.

Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para Anggota Gerakan Pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 di Indonesia. 

Husler menyampaikan bahwa sejak terjadinya wabah Covid-19, gerakan Pramuka selalu tanggap dalam upaya penanggulangan dan pencegahan.

Dimulai dari hal kecil bagi anggota Gerakan Pramuka itu sendiri, seperti menghimbau pentingnya menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila keluar rumah dan menjaga jarak di tempat keramaian.

Kwartir cabang Luwu Timur juga telah melakukan berbagai aksi kemanusiaan pada masa pandemi. Diantaranya baksos sembako kepada warga terdampak covid-19 serta membagikan masker kepada para pengguna jalan di 11 Kwartir Ranting. Selain itu, Kwartir Cabang Luwu Timur juga ikut serta memberikan bantuan dan mendirikan Posko Peduli Bencana Alam di Masamba, Luwu Utara sebagai upaya perwujudan kemanusiaan. 

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa Lencana Bina Bakti diberikan sebagai Tanda Penghargaan yang diberikan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada anggota Gerakan Pramuka yang telah menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan. 

“Dari seluruh Kwarcab se-Sulawesi Selatan, jumlah terbanyak penerima penghargaan Bina Bakti berasal dari Kwarcab Luwu Timur yakni sebanyak 82 Orang (Anggota Dewasa 67 orang dan Anggota Muda 15 orang). Ini merupakan wujud nyata sebagai anggota Gerakan Pramuka Luwu Timur dalam mengamalkan Dasa Dharma Pramuka,” jelasnya. 

“Saya ucapkan selamat kepada kakak dan adik-adik atas Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Bina Bakti,”

Mari tetap Berperan aktif dalam Gerakan Pramuka untuk membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“Semoga apa yang telah dilakukan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Luwu Timur dalam upaya membantu Pemerintah untuk menangani Covid-19 dapat bernilai ibadah di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” tutup Husler. (Asril)

Komentar

Topik Terkait