oleh

Sekda Marjani Sultan Pimpin Raker Satgas Covid-19

SELAYAR, INIKATA.com –  Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Marjani Sultan, memimpin Rapat Kerja (Raker) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Kepulauan Selayar, di ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati, Jumat (16/10/2020).

Raker perdana Satgas Covid-19 itu fokus membahas penyusunan program kegiatan sebagai bagian dari terjemahan uraian tugas di bidang masing-masing.

Kemudian dibuatkan jadwal yang dikoordinir oleh masing-masing koordinator yang selanjutnya dilaporkan ke Sekretariat Satgas, untuk menjadi pedoman dalam mengimplementasikan di dalam pelaksanaan Satuan Tugas.

Sekda Marjani Sultan menginginkan adanya sejumlah masukan dari segenap tim, untuk memulai kegiatan-kegiatan Satgas Covid-19, pasca berubahnya status dari dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 menjadi Satgas Covid – 19.

“Saya kira kita sudah bisa berkaca dari pengalaman sebelumnya, apa-apa saja yang perlu kita benahi dalam Satgas Covid – 19. I8ni sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus Corona ini. Terlebih Akhir – akhir ini kita banyak kedatangan tamu dari luar daerah yang jumlahnya tidak sedikit,” kata Marjani Sultan.

Sementara Sekretaris Satgas Covid – 19 Ahmad Ansar yang juga adalah Kepala BPBD Kepulauan Selayar, mengharapkan agar tugas-tugas dari masing-masing tim hendaknya mampu diterjemahkan dan kemudian dibuatkan jadwal dan dilaporkan ke Sekretariat Satgas Covid – 19 Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ahmad Ansar menyampaikan bahwa sebelumnya segenap tim telah mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes).

Meskipun demikian, perlu ada sosialisasi lanjutan dalam bentuk penyuluhan informasi, sebelum diadakan Operasi Gabungan (yustisi) oleh tim penegakan hukum.

Ahmad Ansar juga menginformasikan, karena Selayar sudah dalam kategori transmisi lokal penyebaran covid – 19, sehingga posko di pintu masuk Selayar utamanya di Pelabuhan Bira Kabupaten Bulukumba dinilai sudah tidak efektif lagi.

“Penyebaran Covid – 19 ini sudah berada dalam wilayah kita sendiri, jadi untuk apa kita lakukan penjagaan di Bira sementara kita sudah kebobolan,” ucap Ahmad Ansar.

Sebelumnya seperti dikutip dari data sebaran surveilans Covid – 19 Kabupaten Kepulauan Selayar, penyebaran wabah virus corona di daerah ini terus mengalami peningkatan, hingga Selayar sempat masuk dalam kategori zona orange.

Namun hingga Jumat 16 Oktober 2020, Kabupaten Kepulauan Selayar sudah turun ke zona kuning, dengan total pasien terkonfirmasi positif Covid – 19 sebanyak 171 orang. Dinyatakan sembuh dan sehat sebanyak 169 orang dan meninggal dua orang.

Meskipun berada di zona kuning, Sekretaris Satgas Covid – 19 Kabupaten Kepulauan Selayar, Ahmad Ansar mengimbau agar tetap berhati-hati dan jangan lengah dengan kondisi yang ada sekarang, dengan tetap menerapkan Protkes. (Rizal)

Komentar