oleh

Dewan Sulsel Mulai Bahas Ranperda Ketenteraman dan Ketertiban Umum

MAKASSAR, INIKATA.com – Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan, kembali membahas Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) tentang penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

“Perda ini dibikin untuk dimintai masukan dari beberapa pihak,” kata Ketua Pansus Risfayanti Muin, saat mebuka rapat Pansus, di Lantai 9 Tower DPRD Sulsel, Rabu (21/10).

Dalam sambutannya, Mustari Soba mengatakan bahwa, ranperda ini sangat dibutuhkan khsuanya bagi Polisi Pamonpraja (PP), sebagaimana diketahui tugasnya begitu berat.

“Karena satpol PP adalah penegak peraturan terhadap semua peraturan daerah yang ada di pemerintah provinsi adalah tugas dari pada Satpol PP untuk menertibkan jika ada hal-hal yang tidak sesuai,” ujar Mustari.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi (Kasatpol) PP pemprov SulSel, Mujiono mengatakan bahwa, perda dibentuk dengan tujuan.

Pertama, sebagai pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat menciptakan kondisi dan keadaan yang dinamis, aman nyaman, tertib, dan kondusif serta menumbuhkan rasa disiplin dalam perilaku bagi setuap anggota masyarakat.

“Jadi, diperlukan upayakan dalam meningkatkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat di Sulsel,” tutur Mujiono, dalam pemaparannya dalam rapat Pansus tadi.

Kedua, kata Mujiono, untuk memberikan arah, landasan dan kepasrian hukum bagi semua pihak dalam penyelenggaraan, ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarajatbdi Sulsel.

“Ranperda ini ada 19 Bab, 65 pasal mengatur kewenagan penyelenggaran perlindungam masyarakat,” pungkasnya. (Hendrik)

Komentar

Topik Terkait