oleh

Foto Malam Hari Menggunakan HP? Ini Tips Agar Hasilnya Bagus

INIKATA.com – Fotografi kini semakin berkembang dan bisa dilakukan oleh setiap orang. Aktivitas memotret ini pun tidak hanya dilakukan saat cuaca cerah dengan sumber cahaya melimpah, namun kini mulai banyak dilakukan di malam hari. Meski demikian, fotografi malam hari bukanlah perkara yang mudah, apalagi bagi seorang pemula.

Kondisi malam hari yang lebih minim cahaya kadang dapat membuat hasil foto terlihat tidak fokus, shaking atau bergoyang, blur alias berbayang, bahkan terlihat banyak noise atau bintik-bintik. Ada berbagai cara yang digunakan untuk dapat mengambil foto malam hari, khususnya dengan menggunakan smartphone. Berikut adalah cara umum untuk mendapatkan hasil foto malam hari:

1.Gunakan Tripod

Tripod berfungsi untuk menjaga kestabilan perangkat smartphone saat memotret. Apalagi ketika pemotretan di malam hari, kamera smartphone akan menggunakan shutter yang lebih lambat sehingga dibutuhkan penyangga yang kokoh. Tanpa adanya tripod, hasil foto sangat berpotensi menjadi blur karena posisi genggaman tangan yang tidak stabil atau bergetar.

2.Mode Manual

Tidak semua perangkat smartphone memiliki mode Manual pada fitur kameranya. Jika perangkat yang kamu miliki telah menyediakan mode ini maka optimalkan agar bisa mendukung aktivitas night photography lebih lancar. Sayangnya, mode Manual yang biasanya terdapat di kamera profesional membutuhkan pengertian dasar fotografi seperti ISO, Shutter Speed Aperture, White Balance dan Auto Focus. Keuntungan mode ini adalah pengguna dapat mengatur masing-masing pengaturan guna untuk menciptakan foto malam hari dengan hasil memukau.

3.Lampu Tambahan

Kadang untuk memotret objek saat malam hari, pengguna memerlukan lampu tambahan. Rata-rata perangkat smartphone terkini telah tersedia lampu flash atau lampu kilat yang bisa diatur pencahayaannya. Kamu bisa memanfaatkan lampu ini pada mode Fill Light yang artinya lampu akan menyala terus untuk menerangi objek. Kamu juga dapat menambahkan lampu LED portable atau senter LED untuk mendapatkan cahaya yang lebih terang.

Nah, tips di atas adalah salah satu cara untuk menghasilkan foto malam hari yang baik. Memang cukup merepotkan karena kamu perlu membawa berbagai alat tambahan atau memiliki pengetahuan dasar dalam dunia fotografi. Sebenarnya ada cara yang lebih mudah lagi untuk memotret di malam hari, yakni dengan memanfaatkan ponsel cerdas yang sudah dilengkapi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pada kameranya.

Perangkat smartphone yang telah dibekali AI bisa menghasilkan foto malam hari lebih sempurna. Salah satu perangkat pilihan untuk mendukung aktivitas memotret dalam kondisi cahaya minim atau gelap adalah OPPO Reno4 F. Perangkat ini membawa fitur fotografi malam hari seperti AI Night Flare Portrait yang merupakan fitur eksklusif OPPO. Fitur ini dapat menggabungkan efek bokeh dan algoritma lowlight-HDR untuk menangkap foto artistik dengan menambahkan efek neon artistik. Selain itu, terdapat fitur AI Super Night Portrait yang memastikan swafoto dapat menghasilkan bidikan nan cerah dan jernih, bahkan dalam kondisi kurang cahaya sekali pun.

Untuk menggunakan kedua fitur tersebut, pengguna OPPO Reno4 F cukup memilih opsi fitur dari menu yang ada di kamera, lalu tekan tombol Shutter. OPPO Reno4 F yang berbanderol Rp4.299 juta memudahkan para pehobi fotografi untuk menghasilkan foto-foto malam hari dengan hasil ciamik. Kamu juga dapat mempercantik feed di Instagram dengan hasil bidikan foto malam hari dari perangkat ini.

“Ini sebuah kolaborasi yang unik buat gue. Lintas generasi. Kami punya pasar yang berbeda. Danes seorang musisi muda belasan tahun, milenial yang sedang berkembang. Sedangkan Drive, band yang sudah berumur 15 tahun hahaha”, kelakar Dygo.

“Yang menarik dan jarang terjadi, saya dan Dygo akhirnya membuat karya dengan pihak di luar Drive, mulai dari pengerjaan awal komposisi. Bukan sekedar rekaman saja. Danes benar-benar kita libatkan, karena proses terbaik adalah dengan saling belajar” tambah Bhusdeq.

Untuk musiknya sendiri, “Siasat Jitu” makin menguatkan style dari single Drive sebelumnya yaitu “New Life”. Makin banyak terdengar sound synthesizer dan beat yang lebih danceable, seakan menjadi antitesis dari segala kegundahan dan kegalauan di tahun ini. Musik Drive terus bergerak mengikuti perkembangan zaman, dan dinamikanya tak lekang waktu.

Dua single terakhir ini, dan juga perubahan logo sejak tahun 2020, merupakan pernyataan akan kebebasan eksplorasi musik tak terbatas dari para personil Drive, terlepas dari segala keadaan yang terjadi selama 15 tahun mereka berkarya. “Sekarang kami ingin membangun pesan tentang kebahagiaan dan keceriaan. Karenanya kami bermetafora dengan perubahan konsep, personil hingga logo Drive. Disini kami ingin menyampaikan bahwa kini Drive punya rasa baru dan inilah kami sekarang,” ujar Rizki, sang vokalis. (**)

“Intinya perubahan menuju yang lebih baik, kami tidak berubah drastis. Kami hanya lebih ceria dan lebih berwarna. Buat pencinta lagu-lagu hits Drive yang dulu, tidak perlu khawatir kami masih akan selalu membawakannya disetiap perform kami diatas panggung. Tapi untuk karya-karya baru Drive, kami ingin tampil lebih fresh, biar selalu ada semangat baru buat kami dan untuk pada Drivemaniacs (sebutan fans Drive) dimana pun mereka berada,” tutup Rudy.(**)

Komentar