oleh

Hadirkan Pelaku Usaha, PLUT Sulsel-ABDSI Pacu Digitalisasi UMKM

INIKATA.com – Digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi sangat penting agar bisa bertahan di masa pandemi sekaligus menghadapi pasar global.

Untuk mendorong digitalisasi UMKM, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulsel bekerjasama ABDSI menggelar webinar “Digital Solution for UMKM”, Sabtu, 21 November 2020.

Kegiatan yang diikuti puluhan UMKM ini menghadirkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abd. Malik Faisal, SH. M.Adm. Pemb, Arrayyan Firdaus selaku Community and Partnership Paper.id dan Ahyar Muawwal selaku Konsultan IT PLUT Sulawesi Selatan, dengan host Aly Anwar.

Koordinator konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham menyebut, baru 13 persen atau 8 juta pelaku UMKM di Indonesia yang sudah terkoneksi secara digital.

“Karena itu PLUT Sulsel dan ABDSI terus mendorong mendorong UMKM terdigitalisasi lebih banyak,” ungkapnya.

Adapun kepala Diskop UKM Sulsel, Malik Faisal mengatakan, digitalisasi UMKM sebagai keniscayaan. Namun disisi lain harus tetap meningkatkan kualitas dan daya saing produk serta layanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Arrayan dari paper.id memperkenalkan platform bisnis bagi UMKM berupa 3 fitur utama invoicing, accounting dan inventory, ditambah dengan digital payment dan solusi pendanaan.

“Kami hadir membantu pengelolaan keuangan UMKM secara digital dengan software gratis,” tambahnya.

Adapun Ahyar Muawwal dalam sesi webinar menjelaskan kiat mengelola data digital yang dimiliki para pelaku UMKM dengan mengulas seputar tools-tools yang bisa digunakan.

”Semoga kegiatan yang dilaksanakn Pusat Layanan Usaha Terpadu Sulsel turut mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar lebih berkembang melalui go digital,” tutupnya. (**)

Komentar