oleh

Lengkapi Atraksi Aksi Wisata Bahari, Jetski Safari Hadir di Makassar

MAKASSAR, INIKATA.com – Ada apa dengan Jetski Safari hadir di Makassar dan dibuka langsung oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah pada Minggu, 29 November 2020 hari ini.

Wali Kota Dani Fatma

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel Akbar Nugraha mengatakan kehadiran Jetski Safari Makassar-JSM (jetskisafarimakassar.com) akan melengkapi atraksi wisata bahari di Kota Makassar.

“Varian atraksi wisata bahari telah tumbuh di Makassar. Kehadiran trip kapal pinisi yang kita dorong sebagai wujud wisata budaya akan semakin lengkap dengan kehadiran jetski safari sebagai atraksi sport tourism,” ucapnya.

Jetski Safari, lanjutnya hadir sebagai bentuk komitmen untuk mengembangkan potensi bahari melalui water sport tourism di Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar.

“Paket wisata bahari kita akan semakin lengkap. Pemprov melalui Badan Promosi Sulsel harus hadir mendorong pemulihan ekonomi masyarakat dari sektor tourism,” ungkapnya

Melalui peluncuran JSM diharapkan kecintaan masyarakat kepada bahari semakin tinggi dan ikut aktif berpartisipasi mempromosikan destinasi bahari di Sulawesi Selatan secara nasional.

Sementara itu putra Gubernur Sulsel Uji Nurdin mengaku siap menjadi tokoh Penggerak Sport Tourism di Sulawesi Selatan.

Menurut Uji, sport tourism merupakan salah satu sektor yang bisa memberikan nilai tambah. Bukan hanya kalangan menengah keatas, melainkan sport tourism bisa memberikan efek domino langsung ke masyarakat utamanya warga di daerah kepulauan.

“Banyak warga pulau yang menggantungkan hidupnya dengan kunjungan orang-orang berduit. Ini yang saya coba trigger bersama teman-teman komunitas Jetski,” kata dia.

Menurutnya dirinya mencoba mendorong pemulihan ekonomi masyarakat pulau dengan membuka Safari Jetski Makassar yang telah menjadi tren baru masyarakat dunia.

“Saya tidak ingin tren ini hanya dinikmati para penggiat olahraga air. Orang-orang yang punya jetski saja yang menikmati. Tapi saya ingin masyarakat pulau bisa memperoleh nilai tambah dari aktifitas mereka,” kata dia

Dia menjelaskan belanja wisatawan yang bermain jetski atau olahraga air ini akan kami arahkan untuk membeli atau menyewa fasilitas-fasilitas yang dimiliki warga yang domisili di kepulauan.

“Bayangkan saja kalau ada 10 orang pengguna jetski bermain di spermonde Makassar. Mereka pasti akan membelanjakan uang mereka. Apakah itu menyewa perahu warga, beli ikan segar dari nelayan, hingga menikmati makanan khas warga. Anggap saja setiap orang membelanjakan Rp300 ribu hingga Rp500 ribu dana mereka. Kalau dikalikan 10 orang. Jelas akan memberikan nilai tambah bagi warga,” urainya.

Hal sama juga disampaikan Chief Executive Officer Jetski Safari Makassar Johanes Tyos. Menurutnya JSM merupakan operator kegiatan water sport tourism yang menyediakan paket touring mengunakan jetski dan kapal menuju destinasi lokasi atau pulau tertentu.

“Paket touring inilah yang kita perkenalkan di Makassar dengan istilah islands hopping,” ungkapnya.

Pendirian JSM, lanjutnya digagas karena tingginya minat masyarakat Makassar untuk dapat menikmati islands hopping dengan menggunakan jetski dan kapal moderen maupun tradisional. “Peminat paket touring ini jelas ingin merasakan experience laut sambil rekreasi dan berolahraga,” ungkapnya.

Dia menambahkan JSM akan resmi beroperasi pada awal Desember 2020, dengan didahului acara grand launching pada 29 Nov 2020 hari ini.

Sementara itu, CEO Tripwe dan Jetski Safari Indonesia , Dr Sofian Lusa menjelaskan bahwa Indonesia memiliki pondasi digital yang semakin baik sebagai supporting tool untuk mendukung pertumbuhan ekosistem sport tourism secara nasional. 

Menurut dia, pondasi digital Indonesia semakin membaik dengan terlihat dari tingkat penetrasi nasional internet semakin merata, pertumbuhan ecommerce Indonesia tertinggi di dunia saat ini, dan inklusi keuangan menunjukan pertumbuhan positif setiap tahun.  

“Oleh karena itu, inovasi  dengan hadirnya Tripwe dapat mempercepat pengembangan water sport tourism di Indonesia karena mengabungkan ekosistem sport tourism dalam satu platform digital,”imbuhnya.

“Kami juga percaya, teknologi dan internet dapat mendukung dan mempercepat sosialisasi water adventure kepada para pencinta jetski di Indonesia,”terangnya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait