oleh

MUI Soroti Pernyataan Kadispar Terkait Kafe Bebas Jualan Miras di Dekat Sekolah

MAKASSAR, INIKATA.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makassar menyoroti pernyataan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, Rusmayani Madjid dalam menanggapi permasalahan maraknya kafe dekat sekolah di Makassar yang dibiarkan bebas berjualan miras.

Dimana sebelumnya ia mengaku heran dengan permasalahan kafe dekat sekolah dan masjid yang bebas berjualan miras tersebut baru sekarang dimunculkan. Sementara menurut dia, kafe yang dimaksud sudah lama berjalan.

Ia bahkan ingin mencari tahu pemicunya. Dimana kata dia, biasanya pemicunya karena ada yang ingin masuk gratis namun kemungkinan tidak diperbolehkan lalu memunculkan pelanggaran yang selama ini telah dilakukan oleh Barcode.

“Apakah masalahnya ini Barcode, saya kira sudah lamami itu. Nanti saya coba hubungi orangnya nanti saya tanya baik-baik,” ucap Rusmayani saat dikonfirmasi via telepon Minggu (29/11/2020).

Menanggapi pernyataan Kadispar Rusmayani tersebut, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makassar, Prof Ghalib mengatakan, apabila pernyataan dari Kadispar Kota Makassar itu memang demikian, maka itu berpotensi menimbulkan kegaduhan

“Mudah-mudahan itu tidak benar. Perlu diklarifikasi. Kalau benar, dikhawatirkan berpotensi menimbulkan kegaduhan,” kata Ghalib via telepon.

Ia mengatakan, dalam Islam telah ditegaskan bahwa mengkonsumsi minuman yang memabukkan adalah dosa besar, merusak agama, merusak akal dan merusak jiwa.

“Kalau betul seperti itu, tentu saja tidak pantas diucapkan oleh seorang figur meski diungkapkan dalam bentuk candaan karena dapat berdampak negatif bagi umat,” terang Ghalib.

Ia berharap Kadispar menarik pernyataannya dan segera meminta maaf atas kekeliruan pernyataannya tersebut karena dapat menimbulkan polemik.

“Saya kira pantaslah dipermasalahkan karena kafe yang jaraknya dekat dunia pendidikan lalu bebas berjualan miras. Itu kan jelas melanggar aturan yang ada dan bisa berdampak pada generasi bangsa,” Ghalib menandaskan. (Anca)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait