oleh

Umumkan Positif Covid-19, Sikap Anies hingga Said Aqil Diapresiasi KSP

INIKATA.com – Covid-19 memang tak pandang bulu. Baru-baru ini, para tokoh dan pejabat negara pun tak luput terinfeksi Covid-19. Seperti Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Partria mengakui tertular Covid-19.

Wali Kota Dani Fatma

Keterbukaan yang dilakukan ketiganya pun dianggap sebagai bentuk tanggung jawab. Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko memuji tiga tokoh tersebut karena berterus terang tertular Covid-19.

“Saya pikir kuncinya bila ini memiliki risiko terhadap lingkungan, maka harus disampaikan kepada publik. Saya pikir apa yang dilakukan gubernur dan wakil gubernur DKI dan juga Pak Aqil Siroj, sebuah responsibility yang sangat tinggi,” ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/12).

Dengan mengumumkan positif Covid-19, apa yang dilakukan oleh Anies Baswedan, Ahmad Riza Patria dan Said Aqil Siroj akan membuat masyarakat lebih sadar karena siapapun tidak kebal dari virus tersebut. “Jadi akhirnya semuanya menjadi aware (sadar-Red). Nah yang diinginkan seperti itu,” katanya.

Selain itu, menurut mantan Panglima TNI ini orang-orang terdekat yang pernah kontak dengan si positif Covid-19 juga bisa memeriksakan dirinya ke rumah sakit. Sehingga lebih peduli terkait bahayanya Covid-19 ini.

“Nanti akan kita lihat tracing-nya, siapa yang pernah, jam berapa kumpul, seterusnya, nanti akan memudahkan petugas melakukan tracing,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, setiap orang memiliki tanggung jawab moral untuk saling menjaga antara satu dengan yang lainnya terkait Covid-19 ini. Salah satu bentuk dari tanggung jawab tersebut yakni dengan mengakui kepada publik apabila terjangkit Covid-19.

“Jadi sekali lagi diperlukan tanggung jawab sosial dan tanggung jawab pribadi yang tinggi di situ,” pungkasnya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait