oleh

Ronald Koeman Isyaratkan Lempar Handuk Dari Perebutan Juara Liga

INIKATA.com – Ronald Koeman tidak mengira beban di punggungnya seberat saat ini. Empat bulan menangani FC Barcelona, Koeman sudah frustrasi dengan peluang juara di La Liga musim ini. Apalagi setelah Barca ditahan seri 1-1 oleh SD Eibar di Camp Nou kemarin (30/12).

Wali Kota Dani Fatma

Hasil itu menjadikan Barca masih tertahan di peringkat keenam dengan 25 poin dari 15 pertandingan. Tertinggal 10 poin (25-35) oleh Atletico Madrid dan delapan dari Real Madrid.

Dalam dua dekade terakhir, setidaknya sejak era Lionel Messi dimulai di Barca, peringkat Barca di La Liga musim ini adalah yang terburuk saat pergantian tahun. Dan, Koeman pun menyiratkan lempar handuk.

”Saya harus realistis, sangat sulit (bagi FC Barcelona) menjadi juara (La Liga, Red). Memang tidak ada yang tidak mungkin, tetapi Anda harus mengakui gap yang ada,” kata pelatih berkebangsaan Belanda tersebut seperti dilansir Diario AS.

Itu bertolak belakang dengan yang diungkapkan Koeman pada awal menukangi Barca per 19 Agustus lalu.

’’Mulai sekarang, kami harus bekerja menempatkan Barca ke puncak lagi,’’ ucap pelatih berjuluk Tintin saat itu.
Menurut Koeman, Atletico dan Real tak hanya telah mengalahkan Barca di paro pertama La Liga musim ini. Atletico menang 1-0 dalam jornada kesepuluh di Wanda Metropolitano (22/11) dan Real sukses dalam El Clasico dalam jornada ketujuh di Camp Nou (3-1, 25/10).

Dua rival utama itu juga tidak melakukan kesalahan seperti yang diperbuat Barca. Yaitu, kehilangan banyak angka melawan tim-tim kecil.

Bahkan, klub promosi seperti Cadiz CF bisa mempecundangi Barca 2-1 pada jornada ke-12 (5/12).
Selain kehilangan ”wibawa” di hadapan klub underdog, Barca tidak punya lagi daya untuk membalikkan ketertinggalan dengan kemenangan. Seperti diulas Mundo Deportivo, dari 27 poin yang maksimal bisa diperoleh Barca ketika tertinggal, hanya 7 poin yang bisa diamankan.

Hasil seri melawan SD Eibar kemarin diraih Barca ketika Messi absen.

Kapten sekaligus bintang Barca itu sejatinya mendapat tambahan libur Natal, tetapi masih menyempatkan datang ke Camp Nou demi menyaksikan laga terakhir Barca tahun ini.
Messi pun tak bisa menyembunyikan kekecewaannya dari penampilan rekan seklubnya.

Dari foto-foto yang dipublikasikan media-media Spanyol, salah satunya Sport, gestur Messi menunjukkan kekecewaan kala Barca gagal memanfaatkan peluang.

Seperti saat striker Martin Braithwaite gagal memanfaatkan dua peluang. Satu dari eksekusi penalti dan lainnya setelah golnya dianulir.

Bek tengah Barca Ronald Araujo yang melakukan blunder atas gol SD Eibar mengakui timnya memang bermain buruk kemarin. Hanya, dia menepis kans Barca memenangi La Liga musim ini sudah habis.

’’Aku masih yakin gelar La Liga masih dalam jangkauan. Ini sepak bola dan dalam sepak bola tidak ada yang tidak mungkin,” tutur bek 21 tahun yang baru musim ini dipromosikan ke tim utama itu kepada Movistar. (JPC)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait