oleh

Tahun 2021, Gubernur Sulsel Didorong Tepis Isu Oligarki di Kepemimpinanya

MAKASSAR, INIKATA.com — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah diminta untuk melakukan pembenahan dan resolusi di tahun baru 2021 agar lebih transparan menjalankan roda pemerintahan.

Pengamat poitik Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Ali Armunanto mengegaskan agar di tahun 2021 Nurdin Abdullah dapat mengkonsolidasi kekuatan politik dengan melakukan pembenahan kepemimpinan di tahun sebelumnya.

Wali Kota Dani Fatma

“Untuk tahun 2021, NA harus membenahi kepemimpinannya menjadi lebih transparan dan programatik. Hal ini mutlak dibutuhkan NA untuk meraih dukungan publik dan mengkonsolidasikan kekuatan politik dibelakangnya,” ujar Ali Armunanto, Senin (4/1).

Sebelumnya, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) secara tegas memberikan kartu kunig kepada Gubernur NA karena dianggap melibatkan kolega dan keluarganya dalam penanganan proyek yang bersumber dari dana Angaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Lebih lanjut, menanggapi catatan tahun 2020 kepemimpinan Nurdin Abdullah, Andi Ali mengatakan bahwa sebaiknya NA hadir di depan publik untuk memberikan kejelasan kepada masyarakat, sebab jika tidak maka anggapan masyarakat bahwa adaya sistem oligarki dalam kepemimpinannya NA akan terus berlanjut.

“Saya rasa dugaan tersebut harus dijelaskan ke publik untuk mengurangi kecurigaan dan rasa ketidakadilan publik. Karena dugaan tersebut akan mengarah pada anggapan adanya oligarki yg akan merusak citra NA dihadapan publik,” bebernya.

Lebih lanjut, ia memastikan jika dugaan seperti ini diabaikan oleh NA, maka akan menjadi peluang bagi lawan politiknya. “Saya rasa ini juga akan menjadi komoditas politik yang akan dijadikan senjata bagi lawan-lawan NA kedepannya,” terangnya.

Menurutnya, di tahun 2021 ini, Gubernur Sulsel juga dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat dengan membuktikan melalui kinerja yang lebih baik. “Bisa seperti itu, atau membuktikannya dengan kinerja atau data yangg valid,” tutupnya. (Fadli)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait