oleh

BI Sulsel Sebut Indeks Keyakinan Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi di Makassar Capai Angka 95,1

MAKASSAR, INIKATA.com – Pihak Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) menyebutkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) di Kota Makassar meningkat per Desember 2020.

Abdul Aziz, asisten direktur, divisi implementasi KEKDA BI Sulsel mengatakan bahwa keyakinan konsumen meningkat signifikan di bulan Desember sebesar 95,1 dibandingkan indeks pada bulan Juni.

“Data lazimnya (per) bulan, indeks keyakinan bulan Desember sebesar 95,1 lebih baik dibandingkan indeks keyakinan konsumen bulan Juni sebesar 71,3, di Kota Makassar,” ujar Aziz, Selasa (12/1/2021).

Aziz mengatakan berdasarkan hasil survei, indeks keyakinan konsumen di akhir tahun 2020 secara keseluruhan mengalami peningkatan. Meskipun demikian, pada semester I sempat menurun karena gencarnya peningkatan pandemi Covid-19.

“Secara keseluruhan berdasarkan hasil survei, keyakinan konsumen mengalami peningkatan di akhir tahun. Untuk semester I sempat mengalami penurunan seiring pandemi dan di semester 2 secara bertahap mengalami peningkatan seiring dengan perbaikan ekonomi,” jelasnya.

Lebih lanjut, BI Sulsel memproyeksikan keyakinan konsumen di Sulsel pada awal tahun 2021 bakal meningkat, hal tersebut disesuaikan dengan perkiraan indeks secara keseluruhan ditingkat nasional.

“Secara nasional trend peningkatan telah dimulai sejak triwulan 3 tahun lalu dan diperkirakan akan berlanjut tahun ini. Untuk Sulsel, kecenderungannya mengikuti trend nasional,” paparnya.

Aziz menerangkan metode yang dilakukan dalam mengukur indeks keyakinan konsumen di Makassar adalah dengan melakukan survei terkait kondisi ekonomi. “Survei terhadap persepsi konsumen mengenai kondisi ekonomi maupun ekspektasi,” terangnya. (Fadli)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait