oleh

Paripurna 6 Ranperda Jeneponto, Kahar Gau: Ada Apa Kok Nyebrang ke 2021

JENEPONTO, INIKATA.com – Sidang penutupan rapat paripurna pembahasan Ranperda 6 inisiatif DPRD dan 1 Pemerintah Daerah, Rabu (20/1/2021) diwarnai instruksi.

Wali Kota Dani Fatma

Saat pimpinan sidang yaknibWakil Ketua I Irmawati Zainuddin yang didampingi Wakil Ketua II Imam Taufik Bohari hendak mengetuk palu pertanda ditutupnya sidang, Ketua Komisi IV Kaharuddin Gau melayangkan protes.

“Yang jelasnya dalam paripurna tadi saya harus bicara dulu sebelum diketuk palu. Aturan rapat, siapa yang mau bicara dikasi kesempatan bicara, tidak seenak perut langsung ketuk palu, ndak boleh. Ini hak saya bicara, saya wakil rakyat. Lalu siapa teman-teman bicara bilang setuju?,” kata Kaharuddin Gau (KG). 

Kaharuddin Gau mengungkapkan keanehan ranperda ini yang merupakan produk 2020, namun disahkan di tahun 2021.

” Yang saya tahu pak, kalau produk 2020 menyebrang itu ada apa?. Ini menyebrang 2021 kan lucu. Penjelasan Biro Hukum tidak apa-apa nyebrang 2021, apa bedanya ini bulan Februari. Ini jadi pertanyaan pak. Saya bilang tidak jelas cuma saya belum lihat naskah ilmiahnya, harus saya baca, masa saya setujui barang tidak jelas,” pungkasnya. 

Ia khawatir jika di kemudian hari pembahasan ranperda ini akan bermasalah hukum. Sebab menurutnya, nantinya hal itu akan ikut terlibat selaku pihak yang ikut mengesahkan aturan tersebut.

“Saya tidak mau besok lusa ada indikasi hukum kita dilibatkan, saya tidak mau pak. Oke dia bilang sudah dikonsultasikan dengan Biro Hukum, besok lusa ketika barang ini tidak jelas kembali ke Biro Hukum. Tapi, siapa yang menjamin Biro Hukum bila ini benar,” bebernya. 

Ia menganggap pimpinan sidang cepat mengambil keputusan. Harusnya kata dia, anggota dewan diberi ruang untuk bicara.

“Persoalan disahkan itu nantinya disahkan juga. Tidak ada anggota dewan diberi kesempatan bicara dan pada saat bicara malah ia ditantang oleh pimpinan sidang,” kesalnya. (Kahar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait