oleh

OJK Regional 6 Sulampua Upaykan Penguatan TPAKD di Sulsel

MAKASSAR, INIKATA.com —Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 6 Sulampua akan melakukan penguatan program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) yang telah dikukuhkan di 24 Kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan.

Wali Kota Dani Fatma

Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Muhammad Nurdin Subandi mengatakan, akan terus mendorong program kerja TPAKD di Sulawesi Selatan dengan membangun kemitraan di berbagai sekor.

“Bertujuan mempercepat pemerataan akses keuangan di Sulsel sekaligus mendorong perputaran ekonomi sektor-sektor prioritas di Sulsel, utamanya melalui skema fasilitasi akses keuangan melalui pola kemitraan diantaranya pada sektor yang berkontribusi besar pada PDRB seperti pertanian, peternakan dan perikanan,” ujar Nurdin, Selasa (19/1/2021).

Untuk tahun 2021. Nurdin menjelaskan OJK bakal memanfaatkan jaringan TPAKD kabupaten/kota yang telah terbentuk dan didukung pimpinan daerah untuk dapat mensukseskan program kerja TPAKD.

Lebih lanjut, program kerja TPAKD adalah sebagai berikut:

  1. Fasilitasi Akses Keuangan Kepada UMKM Sektor Prioritas Binaan Pemerintah Daerah Dalam rangka mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional. Kegiatan fasilitasi dan intermediasi penyaluran kredit kepada UMKM akan difokuskan pada sektor-sektor yang memiliki daya ungkit besar terhadap PDRB Sulsel seperti sektor Pertanian, perikanan-peternakan dan perdagangan.
  2. Mendorong Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Salah satunya melalui hajatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang diselenggarakan secara hybrid di Makassar dan luar daerah, serta sosialisasi Digital Account Opening (DAO) secara massif melalui TPAKD Kab/kota bekerjasama dengan Bank penyelenggara layanan Digital Banking.
  3. Fasilitasi Program Akses Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir Program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR) sendiri merupakan skema pembiayaan dengan proses cepat dan biaya rendah kepada pelaku UMKM sehingga diharapkan dapat menyaingi kinerja lintah darat yang terkenal proses nya sangat cepat.
  4. Mendorong Budaya Menabung Sejak Dini Dengan Target One Student One Account (OSOA) Sulsel melalui Dinas Pendidikan Provinsi memasang target yang cukup menantang, agar pada 2022 setiap siswa sekolah formal di Sulsel telah memiliki rekening Bank.
  5. Mendorong Percepatan Akses Keuangan Melalui Digitalisasi Produk/Layanan Keuangan Pandemi Covid telah membuat kita untuk semakin sering beraktifitas melalui platform digital, tidak terkecuali dalam hal keuangan. (Fadli)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait