oleh

Kanwil Kemenag Sulsel Menunggu Kebijakan Arab Saudi Terkait Syarat Keberangkatan Haji

-News-10 views

MAKASSAR, INIKATA.com– Penerapan protokol kesehatan menjadi bagian dari ketentuan yang harus diterapkan dalam penyelenggaraan haji pada masa pandemi. Salah satunya terkait pemeriksaan PCR swab test.

Wali Kota Dani Fatma

Meskipun sebelumnya dikabarkan syarat keberangkatan jamaah haji dilakukan swab PCR sebanyak tiga kali.

Namun, Kepala Bidang Peyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel, Ali Yafid mengatakan hingga saat ini pihaknya sedang menunggu kebijakan dari Arab Saudi.

Bahkan, kata dia, jika pelaksanaan ibadah haji dapat dilakukan tahun ini, maka sudah pasti untuk penerapan protokol kesehatan akan semakin ketat.

“Persoalan pemberangkatan jamaah haji menunggu kebijakan Arab Saudi. Kalau jadi prokesnya pasti ketat, termasuk PCR bagi jamaah,” ujar Ali, Rabu (7/4/2021).

Ia memastikan akan menunggu kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi terkait aturan pelaksanaan ibadah haji di tengah pandemi Covid-19, dan akan ditindaklanjuti untuk peserta yang melakukan keberangkatan ibadah haji.

“Kepastian berangkat belum ada dari perintah Arab Saudi, kita menunggu saja kepastian dari Arab Saudi, kalau sudah ada kepastian aturan prokesnya kami akan sampaikan,” imbuhnya.

Terpisah, Wakil Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (AMPHURI), Azhar Ghazali menilai rencana tersebut tidak jadi persoalan, karena ketika memberlakukan tiga kali swab PCR untuk jamaah yang melakukan keberangkatan ibadah haji maka justru lebih meningkatkan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

“Tidak jauh beda dengan umroh jadi ngga masalah, ini memang juga sudah menjadi aturan yang dibuat oleh kedua negara demi kesehatan jemaah dan keamanan negara masing-masing,” ucapnya. (Fadli)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait