oleh

Isu Reshuffle Menguat, Relawan Jokowi Usulkan Mendag dan Mentan Layak Diganti

-Nasional-45 views

INIKATA.com — Isu reshuffle kembali mencuat menyusul penggabungan Kementerian riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Relawan Jokowi Mania (JoMan) menyebut lima menteri Kabinet Indonesia Maju layak diganti.

Ketua Relawan Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer menyebut salah satu menteri yang layak diganti yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Wali Kota Dani Fatma

Selanjutnya, Menteri Agraria Sofyan Djalil, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Reshuffle ini penting agar menteri tidak bekerja sendiri-sendiri. Kita bisa lihat Menteri Lutfi, Presiden tak mau impor, lo, kok malah ngeyel impor. Begitu juga kasus subsidi pupuk yang tidak berdampak pada swasembada hasil pertanian,” kata Noel kepada wartawan di Jakarta.

Noel menilai kinerja Menkominfo Johnny G Plate masih melempem. Noel menyoroti pemblokiran situs-situs atau akun-akun radikal di media sosial.

“Khusus Pratikno, kalau dia dipertahankan, akan ada jarak luar biasa antara Jokowi dan rakyat,” ujar Noel.

Oleh sebab itu, Noel meminta, Jokowi harus peka terhadap lima menteri ini. Menurutnya, lima orang ini memiliki fokus lain diluar tugas negara yaitu Pemilu 2024.

“Nah makanya yang saya khawatirkan menteri-menteri yang ikut-ikutan atau coba ketularan dengan penyakit Pemilu, saya rasa lebih baik mundur atau ya presiden harus mencopot,” katanya.

Sebelumnya, juru bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, menyatakan Wapres sudah diajak rembukan Presiden Jokowi soal isu reshuffle. Meski begitu, Masduki tidak berbicara detil soal reshuffle. Masduki mengaku belum memperoleh kabar terkini soal reshuffle.

“Nanti akan ada pembicaraan spesifik antara Presiden dan Wapres dan, kalau semuanya clear, baru dibicarakan,” ujar Masduki.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait