oleh

Tes GeNose C19 Mulai Berlaku di Bandara Sultan Hasanuddin

-News-89 views

MAKASSAR, INIKATA.com– Pemberlakuan tes GeNose C19 sebagai syarat perjalanan transportasi melalui jalur Bandara dan Pelabuhan sudah mulai berlaku di beberapa daerah. Tak terkecuali Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kecamatan Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Pemberlakuan alat tes tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) dari Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Wali Kota Dani Fatma

Dengan demikian, syarat perjalanan yang disediakan di Bandara Sultan Hasanuddin selain tes RT-PCR dan rapid antigen, kini sudah ada lagi tes GeNose C19.

Humas Angkasa Pura (AP) 1, Iwan Risdianto mengatakan pihaknya telah melakukan kesiapan untuk pemberlakuan tes GeNose C19 yang mulai berlaku hari ini di Bandara Sultan Hasanuddin sebagai syarat perjalanan.

“Secara umum kami sudah siap dan hari ini pun kami lakukan tes dan ricek kembali segala kendala di lapangan. Rencana besok (hari ini) mulai berlaku tes GeNose C19,” ujar Iwan, Rabu (14/4/2021).

Penyediaan tes GeNose bagi penumpang. Kata dia, untuk tempat klinik lainnya belum diketahui, yang pastinya untuk tes GeNose C19 di bandara sudah disiapkan disamping Ibis Budget Makassar Airport.

“Semua kelengkapan untuk tes ada di lapangan dan tempat tes sebelah hotel ibis. Kalau klinik lain saya kurang tahu yang pasti di bandara sudah ada GeNose untuk persyaratan terbang,” katanya.

Sementara untuk biaya tes GeNose C19 per orang sebesar Rp40.000 dan penumpang juga berhak untuk memilih test GeNose atau rapid antigen sebagai syarat penerbangan.

“Tes GeNose C19 Rp40.000 per penumpang. (Sedangkan) Rapid antigen 170 ribu. Pilih aja salah satu silahkan tergantung penumpang,” sebutnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa masa berlaku keterangan tes GeNose C19 hanya dapat digunakan untuk sekali penerbangan. “Satu kali terbang saja dan sebagai alternatif terakhir,” imbuhnya.

Sebelumnya, Iwan mengatakan Bandara Sultan Hasanuddin akan menyiapkan sebanyak 7 sampai 10 alat tes GeNose C19.”Alat GeNose C19 yang disiapkan 7 sampai dengan 10 alat. Itu tadi kami masih persiapan untuk pelaksanaannya,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah Palu saat dikonfirmasi mengaku bahwa pemberlakuan GeNose C19 mulai berlaku di Bandara Sultan Hasanuddin.

“Itu di angkasa pura itu biasa ada maskapai yang melakukan itu atau ada pihak ke tiga jadi orang yang berpergian menggunakan GeNose itu,” katanya.

Sedangkan, Di jalur pelabuhan. Ia mengatakan belum dapat berlaku karena alat tes GeNose C19 dimungkinkan belum ada. “(pelabuhan) Kalau di tempat lain sudah kalau disini belum. Belum, belum kan Itu alatnya dibeli,” tandasnya. (Fadli)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait