oleh

Kejari Takalar Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Pemotongan BOP

-Regional-160 views

TAKALAR,INIKATA.com – Kejaksaan Negeri Takalar akhirnya berhasil mengungkap Kasus dugaan pemotongan Dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dari Kementerian Agama. Anggaran tahun 2020 untuk TPA/TPQ tersebut diperuntukkan penanggulangan bencana Covid 19.

Setelah mengumpulkan barang bukti dan memeriksa sejumlah saksi, Kejaksaan Negeri (Kejari) Takalar akhirnya menetapkan satu orang tersangka, Senin (19/04/21).

Wali Kota Dani Fatma

Penetapan terhadap AH yang awalya berstatus saksi hingga menjadi tersangka setelah sejumlah alat bukti dinyatakan cukup dan sempat menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 7 jam lamanya di ruang pidana khusus Kejari Takalar dari pagi sampai sore hari.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Takalar, Suwarni Wahab di dampingi Herdiawan Kasi Intel Senin, (19/04/21) mengatakan penahanan ini di lakukan terhadap AH dikarenakan di duga keras melakukan tindak pidana yang menimbulkan kekhawatiran akan melarikan diri ataupun merusak barang bukti.

“Kami lakukan penahanan di khawatirkan terdakwa akan melarikan diri ataupun berupaya menghilangkan barang bukti sehingga setelah di lakukan penetapn tersangka maka pihaknya langsung mengiring ke mako polres takalar untuk di titip sementara.” Ujar Suwarni

Suwarni juga menjelaskan kerugian negara yang di timbulkan khusus di kecamatan pattalassang sekitar 107 juta rupiah dari total 44 tpa/tpq penerima dana bantuan BOP Selain itu juga AH terancam pidana hukaman 20 tahun dan denda sebesar 1 milyar rupiah.

Dalam kasus dana bantuan operasional dari Kementerian Agama sebanyak 109 TPA/TPQ di Tiga Kecamatan di duga telah terjadi pemotongan yang bervariasi dari 1,5 juta sampai 4 juta rupiah setalah dilakukan pengambilan keterangan terhadap para penerima dana bantuan tersebut.

Diketahui AH menjabat sebagai Sekertaris Umum aktif di BKPRMI Takalar dan sempat menjadi Tim Sukses Syamsari Kitta dan H Ahmad Daeng Se’re dalam perhelatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Takalar pada tahun 2017 yang lalu. (ZQ)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait