oleh

Positif Narkoba, Polisi tetapkan Sabri Cs Tersangka

-Hukum-19 views

MAKASSAR, INIKATA.com – Tim penyidik reserse Narkotika Polrestabes Makassar akhirnya menetapkan Sabri Cs sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyalahgunaan Narkoba jenis sabu.

Hal itu menyusul setelah hasil pemeriksaan Labolatorium Foreksi (Labfor) menyatakan hasil tes Urine ke empat ASN Pemerintah Kota Makassar dinyatakan Positif zat Narkoba.

Wali Kota Dani Fatma

Selain itu, hasil pemeriksaan Barang Bukti (BB) Narkotika jenis sabu yang diamankan Polisi menunjukan Positif zat Narkoba.

“Keluar semua mas, dan hasilnya positif metamfetamin semua baik BB dan urin,” ucap Wakasat Narkoba Polrestabes Makassar, Kompol Indra Waspada saat dihubungi melalui via telepone, Rabu (28/4).

Kata dia, perhari ini 4 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Makassar resmi ditetapkan tersangka setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan.

“Sudah ditetapkan tersangka, Sejak hari ini (ditetapkan tersangka),” tuturnya.

Sebelumnya, Sebanyak empat orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar diamankan Polrestabes Makassar dalam dugaan penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu.

Parahnya, salah satu dari terduga pelaku itu merupakan pejabat tinggi disturktural Pemkot Makassar, Keempat pelaku yang diamankan masing-masing bernama Syafruddin (44), Muhammad Yarman AP (46), Irwan Miladji (49) dan Sabri (44).

Keempat pelaku itu diamankan Tim Unit 3 Narkoba Polrestabes Makassar pada Jumat 23 April 2021 pukul 20.30 Wita, keempat terduga pelaku diamankan ditiga lokasi berbeda di Kota Makassar.

Kepala Satuan Reserse Narkotika Polrestabes Makassar, AKBP Yudi Frianto membenarkan penangkapan 4 orang ASN Pemkot Makassar yang salah satunya adalah pejabat tinggi di Kantor Balaikota Makassar.

“Kemarin malam sekitar pukul 20. 30 Wita, tim kita berhasil mengungkap terduga pelaku dari penyalahguna narkotika jenis sabu, mereka ini adalah ASN Pemkot Makassar,” ucapnya saat press release di Mapolrestabes Makassar, Minggu (25/4/2021).

Kata dia, pengungkapan itu bermula saat ketika pihaknya dari Tim Unit 3 melakukan penangkapan terhadap pelaku Syafruddin yang diketahui baru saja usai melakukan transaksi pembelian Narkoba.

“Awalnya kita menangkap Syafruddin dan saat kita geledah dan ditemukan disaku celananya sebanyak 2 sachet sabu yang baru saja dia beli disalah satu orang di Pampang,” tuturnya.

Lanjut, Yudi mengatakan dari hasil keterangan Syafruddin ia mengakui bahwa Sabu dua shaset yang ditemukan itu adalah miliknya bersamanya dengan 4 orang rekannya yang diketahui bernama Irwan, Sabri dan Yarmin.

Sabu tersebut dibeli berdasarkan hasil dari patungan mereka sendiri, dimana masing – masing Syafruddin sebanyak Rp 600 ribu, Sabri sebanyak Rp 1 Juta serta uang Yarman sebanyak Rp 1 Juta.

“Kalau dari keterangan Syafruddin sabu itu atas patungan mereka, dan rencana nantinya akan digunakan sendiri-sendiri,” pungkasnya.

Ia menambahkan dari keterangan Syafruddin pihaknya pula berhasil mengamankan 3 orang lainnya dilokasi yang berbeda-beda, dimana salah satu yang diamankan yakni Pejabat tinggi Pemkot Makassar bernama Sabri yang diamankan saat berada dirumahnya dijalan Racing Center.

“Perannya masing-masing itu pengguna. Yang membeli itu S (Syafruddin), Siapa penjualnya, ini masih kami dalami, Dari hasil keterangan. Bahwa sudah setahun menggunakan sabu – sabu,” kata dia.

Dikata, Yudi keempat pelaku masih bertatus terduga, pihaknya masih menunggu hasil dari pemeriksaan Labolatorium Foreksi (Labfor) untuk menentukan keempatnya positif dari Narkoba.

“Statusnya masih terduga karena kita masih menunggu hasil Labfor. Status tersangka nanti setelah keluar hasil Labfor,” tambah Yudi.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 112 ayat 1, Pasal 114 ayat 1 dan Jo Pasal 132 ayat 1 undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang narkotika.

“Ancaman hukuman antara 4 tahun sampai 12 tahun penjara,” tutupnya. (Nca)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait