oleh

Bagi Yang Masih Punya Kaset Pita, Perhatikan 5 Cara Merawatnya

INIKATA.com – Di zaman serba digital ini, segala hal dipermudah termasuk urusan mendengarkan lagu kesayangan. Jika dulu ada perangkat pemutar MP3 yang jadi alat utama untuk mendengarkan lagu kesukaan, sekarang ada banyak aplikasi streaming musik yang bisa digunakan secara gratis.

Berbicara soal pemutar MP3, kaset dengan pita dulu pernah populer pada zamannya. Kini barang tersebut sering dikategorikan antik karena perangkat tersebut tidak lagi digunakan karena mendengarkan lagu sudah beralih ke platform digital.

Wali Kota Dani Fatma

Meski demikian, jika Anda termasuk yang masih memiliki kaset pita lengkap dengan lagu-lagu lawas penuh nostalgia, Anda harus tahu cara merawatnya agar tidak rusak. Selain untuk kenang-kenangan, saat ini sudah jarang ditemukan tempat reparasi kaset pita sehingga Anda harus tahu cara benar merawatnya.

  1. Selalu Bersihkan Pita

Pertama-tama, Anda bisa membersihkannya dengan memanfaatkan fitur rewinder. Fitur ini nantinya akan menggulung pita yang ada dalam kaset secara perlahan. Caranya bagaimana? Pertama, siapkan terlebih dahulu tisu atau cotton bud dan beri sedikit cairan seperti alkohol.

Selanjutnya, jalankan rewinder dan dekatkan tisu yang sudah diberikan cairan tadi ke bagian pita kaset yang terbuka pada bagian bawahnya sehingga pita bisa dibersihkan.

  1. Putar Kaset Pita Dengan Rutin

Selanjutnya Anda bisa memutar pita dalam kaset secara rutin, misalnya minimal seminggu sekali selama 10-30 menit saja. Anda bisa menggunakan Mp3 converter maupun tape kaset jadul untuk mendengarkan lagu dari pita kaset.

Hal ini perlu dilakukan rutin untuk menghindari pertumbuhan jamur pada pita. Selain itu, cara ini juga baik untuk mencegah pita di dalam kaset lengket sehingga mudah kusut. Jika kaset sampai kusut, ada kemungkinan pita bisa terurai keluar dan bergumpal. Jika tidak hati-hati, kaset pita bisa saja melar atau putus yang membuatnya rusak permanen.

  1. Bersihkan Bagian Dalam Kaset Secara Rutin

Sebenarnya membongkar bagian dalam kaset lakukan hanya ketika diperlukan saja, maksudnya membongkar ketika kondisi pita yang ada dalam kaset sudah terlihat ada jamurnya atau sedikit kusut.

Cara membongkarnya cukup simple yaitu dengan melepaskan baut yang terpasang di setiap ujungnya dan juga dibagian tengahnya. Lalu, bersihkan setiap sudut dengan menggunakan cotton bud maupun tisu yang ditambahkan tetesan alkohol.

Kenapa menggunakan alkohol? Karena cairan ini bisa menguap dan tidak akan meninggalkan sisa di dalam kaset. Namun, tetap lakukan dengan hati-hati ketika membongkar kaset tersebut, jangan sampai pita yang ada didalamnya justru jadi tidak beraturan dan terbelit.

  1. Rawat Alat Pemutar Kaset

Berikutnya adalah merawat alat pemutar kasetnya. Hal ini karena memang untuk merawat kaset pita tidak hanya soal sisi fisik kaset pita itu sendiri tetapi juga kondisi dari perangkat digunakan sebagai alat pemutar kaset ini juga perlu diperhatikan dengan benar.

Caranya cukup sederhana. Pertama Anda bisa membersihkan bagian head tempat player membaca kaset. Jika terlihat kotor, maka Anda bisa membersihkannya dengan kuas kecil atau cotton bud.

Anda juga harus membersihkan bagian stop otomatisnya, ini tidak kalah penting. Gunakan kain lap atau tisu basah untuk mengelap permukaan tape pemutar kaset.
Selain itu saat gulungan kaset sudah habis segera matikan tombol play karena jika dibiarkan saja maka dinamo yang ada di dalam perangkat pemutar masih terus menarik gulungan pita tersebut.

Sehingga akan berbahaya yang akan membuat pegangan pita di dalam bodi kaset patah dan membuat kaset tidak bisa diputar dengan benar dan akhirnya rusak.

  1. Menyimpan Kaset di Tempat yang Kering

Hal ini juga sangat penting untuk dilakukan karena hampir semua kaset pita berbahan dasar plastik. Sehingga jangan sampai menyimpan kaset ditempat yang panas, karena jika hal itu terjadi akan beresiko membuat pita yang ada di dalam kaset tersebut melar. Pita yang sudah melar karena terkena panas akan membuat kaset pita rusak karena bentuk pita akan berubah sehingga head tidak bisa membaca pita saat dimasukkan ke alat pemutar.

Jika hal ini terjadi, lagu maupun suara yang ada di pita kaset tersebut akan terdengar aneh dan tidak karuan sehingga tidak bisa dinikmati lagi isi lagunya.

Selain kondisi tempat penyimpanan yang panas, Anda juga tidak disarankan menyimpan kaset pita di tempat yang kotor dan lembab. Hal ini tentu saja akan membuat pita yang ada dalam kaset tersebut mudah berjamur.

Nah itulah tadi cara merawat kaset pita yang harus Anda tahu. Jika Anda masih punya koleksi kaset pita, Anda bisa loh meng-convert isinya ke dalam format mp3 digital sehingga lagunya bisa diputar di smartphone maupun komputer dengan mudah.

Anda tinggal beli mp3 converter yang banyak dijual online, contohnya di Blibli.com yang dijual mulai dari harga Rp 200 ribuan saja.

Dengan menggunakan alat ini Anda bisa mentransfer isi kaset pita ke format yang lebih aman, tidak mudah rusak dan bisa diputar kapan saja berbekal smartphone. Semoga bermanfaat!.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait