oleh

PTSP Tegaskan Toko Minol di Batu Putih Tidak Memiliki Izin

-Hukum-9 views

MAKASSAR, INIKATA.com — Polemik perizinan penjualan minuman beralkohol (minol) yang tetap eksis di Jalan Gunung Batu Putih Nomor 9, Kelurahan Maricaya Baru, Kecamatan Makassar, mulai terungkap.

Berdasarkan pengakuan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Makassar, membeberkan bahwa toko Alvira tidak memiliki izin dalam penjualan minol baik pengecer maupun sub distributor.

Wali Kota Dani Fatma

” Saya tidak tau, saya harus cek dulu. Kan masalahnya ini anu sudah lama, ijin-ijinnya lama dia nda perbaharui. Tidak ada perpanjangan sampai sekarang, saya tidak tau karna ini orang tidak pernah perpanjang ijinnya, ” kata Kepala Bidang Belakang Non Teknis DPM-PTSP Makassar, Andi Engka saat dikonfirmasi, Kamis (15/7/2021).

Meski diduga tidak memiliki izin, namun aktivitas penjualan minol di Toko Alvira sejauh ini masih eksis. Padahal keberadaan toko minol terbesar di Makassar itu tidak sesuai regulasi yang ada.
Di mana toko minol ini berdekatan dengan sarana pendidikan, sarana kesehatan hingga sarana peribadatan.

Dalam peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2013 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol telah diatur mengenai ketentuan pelarangan.

Pasal 7 ayat (2) Perpres tersebut, menyatakan bahwa penjualan dan/atau peredaran minuman beralkohol di tempat tertentu tidak berdekatan dengan sarana peribadatan, pendidikan dan sarana kesehatan.

Tak hanya dalam Perpres tertera ketentuan larangan soal itu, hal tersebut juga diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar nomor 5/2017 tentang Pengawasan dan Pengendalian Pengadaan Peredaran Minuman Beralkohol serta Perwali Makassar Nomor 17/2019 Pasal 13 ayat 1 poin b. Penjualan minuman beralkohol tidak diperbolehkan berada dekat dari tiga sarana, yakni pendidikan, peribadatan dan rumah sakit. (Nca)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait