oleh

Presiden Jokowi Sumbang Sapi Kurban asal Gowa Seharga Rp70 Juta

-News-27 views

MAKASSAR, INIKATA.comPemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu daerah yang mendapat sumbangan sapi kurban Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Tak hanya kali ini, pada tahun sebelumnya pun Sulsel juga mendapat sumbangan dari orang nomor satu di Indonesia.

Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Taufiq mengatakan Sulsel menjadi salah satu daerah yang mendapat satu penerima hewan kurban ternak sapi. Berdasarkan putusan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, bahwa penempatan lokasi kurban nanti dilakukan di Masjid Agung Kota Palopo.

Wali Kota Dani Fatma

“Pelaksanaan qurban di Sulsel untuk kegiatan presiden 1 ekor ternak. Sebelumnya telah di tetapkan telah satu penerima. Selanjutnya bapak Plt Gubernur menetapkan lokasi untuk potongan sapi kurban di Masjid Agung di Kota Palopo. Jadi ini adalah penetapan langsung dari Plt Gubernur,” ujar Taufiq, Minggu (18/7/2021).

Hewan kurban yang sudah lolos pemeriksaan kesehatan ini. Kata dia diambil langsung di peternak asal Kabupaten Gowa dengan bobot 1.041 kg atau 1,04 ton. Saat ini sapi kurban milik Presiden itu sudah berada di rumah pemotongan hewan (RPH) Bukit Lewadang.

“Untuk penentuan pemenang ini ditentukan oleh hasil penawaran yang dilakukan atau dilkasanakan oleh Staf Kepresidenan yang langsung dengan pihak peternak yang bernam Zainudin Nasir yang beralamat di Kabupaten Gowa dengan berdasarkan pengukurannya berat sapi adalah 1.041 Kg,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan sapi jenis limosin ini awalnya seharga Rp73 juta tapi ditawar menjadi Rp70 juta termasuk biaya hitungan pajak dan biaya pengiriman. Sedangkan usia hewan kurban ini mencapai 3 tahun 8 bulan.

“Berumur 42 bulan, jenis sapinya limosin  dengan penawarannya adalah Rp73 dan ditetapkan Rp70 juta, itu pun sudah di include pajak dengan harga pengiriman. Jadi penentuan lokasi ditetapkan oleh bapak Plt Gubernur,” tandasnya.

Terpisah, Plt Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Sulsel, Muhammad Hasyim mengatakan untuk penyerahan hewan kurban ini belum dapat diketahui. Jika bukan Plt Gubernur maka dimungkinkan akan diwakili.

“Jadi nanti mungkin Pak Plt Gubernur apakah menyerahkan langsung ataukah diwakili atau virtual penyerahan sapinya belum diketahui, nanti tunggu info selanjutnya karena belum informasi lebih lanjut soal itu,” katanya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel telah melayangkan surat ke Sekretariat Negara sesuai dengan arahan Plt Gubernur bahwa lokasi penempatan hewan kurban Presiden diserahkan ke Kabupaten Palopo.

“Itu hari kan kita keluarkan surat ke Sekretariat Negara bahwa disampaikan (bantuan sapi Presiden) ke Palopo. Jadi koordinasinya begitu bahwa kita menyampaikan ke Sekretariat Negara dimana lokasi penempatan sapinya Presiden,” ucapnya. (Fdl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait